Tak Lagi Ngantor di Senayan, Rohani Vanath Kini Ngurus Bisnis Semangka

Mantan Anggota DPR RI, Rohani Vanath tampak duduk di atas gundukan buah semangka, yang baru dipanen dikebunnya untuk didistribusikan ke sejumlah wilayah pasar, Minggu (1/12/2019) (FOTO: BERITABETA.COM)

BERITABETA.COM, Ambon – Setelah resmi melepas jabatannya sebagai Anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI, mantan Anggota DPR RI, Hj. Rohani Vanath tiba-tiba muncul dengan penampilan yang berbeda.

Srikandi PKB asal Maluku ini, diam-diam punya usaha yang menjanjikan bersama sang suami yang tak lain mantan Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdullah Vanath.

Ani begitu sapaannya, sudah beberapa bulan pulang kampung ke Kota Bula, Kabupaten SBT, Provinsi Maluku, mendampingi suaminya mengeluti usaha budidaya Semangka.  

Dihubungi wartawan beritabeta.com via telepon selulernya, Minggu (1/12/2019) siang, Ani mengaku sementara berada di kebun Semangka membantu suaminya panen Semangka. Tak lama kemudian, ibu empat anak ini kemudian memposting aktifitasnya di kebun Semangka.

“Saya sementara di kebun Semangka, soalnya sudah waktunya kita panen, karena beberapa hari kedepan harus didistribusi ke sejumlah wilayah,” tandasnya.   

Ditanyai terkait berapa jumlah semangka yang dipanen? Sembari sibuk bersama beberapa karyawannya, Ia menjelaskan, total yang akan dipanen ditaksir mencapai 50 ton yang akan didistribusi ke sejumlah supermarket di Kota Ambon dan ke Kabupaten Fak-fak, Provinsi Papua.

Petik Buang Semangka di kebun yang diusahakan bersama suaminya

“Ini baru hasil dua hektar, kita baru coba karena harus tahu dulu prosesnya. Setelah ini akan kami kembangkan luasan lahannya mencapai 4 hektar,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun media ini, usaha yang digeluti suaminya Abdullah Vanath itu dijejaki menyusul adanya permintaan sejumlah pasar. Mereka juga menyasar jaringan toko swalayan Alfamart yang sudah memiliki sekitar 100 gerai di Kota Ambon.  

Jaringan swalayan milik PT. Sumber Alfaria Trijaya, itu bahkan dikabarkan akan menerima pasokan buah segar jenis Semangka dalam jumlah yang banyak. Selain itu juga dijejaki  Hipermart dan sejumlah tempat di Kota Ambon.

Selain itu pasar di Kabupaten Fak-fak juga mengajukan permintaan yang cukup banyak. Sementara konsep budidaya yang dilakukan merupakan konsep organic sesuai standar yang diminta.

Mantan anggota Komisi II DPR RI ini, jauh sebelumnya pernah mengungkapkan keinginannya untuk berhenti di panggung politik menjelang Pemilu April 2019 silam. Saat itu kepada beritabeta.com, ibu dari Sidiq ini mengaku akan kembali ke daerah tempat tinggalnya menemani suaminya yang lagi fokus membangun bisnis di bidang perkebunan.

Selain itu, alasan istri mantan Bupati SBT dua periode Abdullah Vanath ini, juga ingin fokus mengurus keluarga terutama tiga anak kembarnya yang masih duduk dibangku SD.

“Saya mau istirahat dulu. Selama 5 tahun mengabdi sebagai anggota DPR, perhatian saya banyak tercurahkan untuk kepentingan orang banyak, sedangkan urusan keluarga sering terbengkalai. Saya punya anak kembar 3, mereka juga masih butuh perhatian dan yang terakhir saya mau membantu usaha suami saya yang lagi dirintis di bidang perkebunan,” ungkap Rohani Vanath kala itu.

Selain memiliki kebun Semangka yang baru dikembangkan, Ani bersama suaminya juga kini fokus mengembangkan ribuan populasi pohon pala yang sudah diusahakan sejak 6 tahun silam.

“Sementara pala juga sudah panen setiap hari. Panennya pakai sistem terpilih, artinya tidak asal panen, hanya untuk buah pala yang sudah tua dan kulit dagingnya terbuka,” urainya.

Sedangkan terkait budidaya Semangka yang kini diusahakan, dirinya mengakui merupakan usaha tambahan, karena fokus utama yang digeluti adalah pengembangan komoditas pala yang jumlahnya sudah mencapai 80-an ribu pohon.

“Ya kita jalani saja usaha yang ada. Sambil jalan Insya Allah menjadi berkah dan bisa memicu yang lainnya untuk mengikuti jejak kita,” pungkasnya.

Disinggung tentang Pilkada 2020 mendatang, ibu yang dikenal supel ini, hanya melepas tawa seakan enggan memberi komentarnya. Di ujung teleponnya, ia hanya berucap singkat seakan memberi pesan tentang kemungkinan yang kini dijejakinya.

“Kita lihat saja nanti. Skarang ini kita fokus dulu ngurus bisnis, biar bisa ketular yang lain. Masak sih mau bahas politik di kebun….ha.,..ha..Soal yang ditanyakan kapan-kapan saja baru kita bicarakan,”tutup Rohani Vanath (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire