Tiket Burung Besi Tembus Rp 20 Jutaan, Penyebabnya Inisiatif OTA

Tiket Burung Besi Tembus Rp 20 Jutaan, Penyebabnya Inisiatif OTA
Ilustrasi : Penumpang Pesawat Kapal Terbang

Travaloka Menjawab, Terbang Dari Bandung ke Medan Rp 21 Juta

BERITABETA.COM ,  Jakarta – Pakar penerbangan Alvin Lie menyoroti harga tiket pesawat di agen travel online yang dijual di atas Rp 20 juta. Tiket tersebut dapat ditemukan untuk penerbangan kelas bisnis Bandung-Medan dan Jakarta-Makassar pada tanggal tertentu.

Alvin menjelaskan bahwa fenomena tersebut bukan disebabkan oleh si maskapai penerbangan, melainkan inisiatif dari agen travel yang merangkai rute penerbangan dengan transit hingga tiba di tujuan utama.

“Publik mengira rute putar-putar ini rangkaian airlines. Padahal ini inisiatif OTA (online travel agent), bukan airlines,” katanya di Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Dengan rute yang dirangkai oleh pihak agen travel online, sehingga mengharuskan penumpang transit beberapa kali. Otomatis harga menjadi lebih mahal. Ibarat kata penumpang membeli tiket untuk beberapa rute perjalanan.

Tapi yang perlu diingat, bukan pihak maskapai yang secara resmi memberlakukan rute tersebut.

“Yang merangkai rute transit tersebut adalah online travel agents, bukan maskapai. Hal ini yang membuat keruh pendapat publik. Otomatis harga jadi mahal karena rute menjadi mutar-mutar menempuh jarak yang secara signifikan lebih jauh. Tentu ongkos angkut juga naik signifikan,” tambahnya.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno juga berpandangan serupa bahwa pihak agen travel terkadang menawarkan rute lain dengan catatan mampir di bandara lain sebelum ke bandara tujuan utama.

“Pihak agen travel menawarkan rute yang lain, tapi singgah di beberapa bandara. Bagi yang jarang bepergian dengan pesawat udara, pasti terkaget-kaget,” tambahnya.

Sebelumnya menelusuri Traveloka, harga tiket pesawat untuk penerbangan 31 Mei dari Bandung ke Medan yang termurah adalah Rp 13.400.700 dan termahal Rp 21.920.800. Pesawat tersebut tercatat 2 kali transit yaitu Bandung-Bali, dan Bali-Jakarta. Dari Jakarta baru ke Medan.

Di Traveloka terlihat kelas bisnis Garuda Indonesia dari Jakarta ke Makassar yang transit di Jayapura. Harganya Rp 24.576.300 pada Sabtu 2 Juni mendatang. Memang, masih tersedia harga paling murah Rp 3.190.590.

Penjelasan Travaloka

Pihak agen travel online, Traveloka memberi penjelasan soal tiket pesawat Bandung-Medan yang dijual Rp 21.920.800 untuk kelas bisnis. Harga tiket pesawat yang mencapai di atas Rp 20 juta ini tentu saja bikin heboh. Apalagi menjelang lebaran kebutuhan angkutan udara tinggi.

CEO Transport Traveloka Caesar Indra menjelaskan, pihaknya menampilkan tiket pesawat kelas bisnis dengan harga Rp 21 juta karena sudah tidak tersedia tiket kelas ekonomi, ditambah rute Bandung-Medan yang transit ke Jakarta juga sudah tidak ada.

“Dapat kami informasikan bahwa ketersediaan tiket pesawat Bandung-Medan kelas ekonomi sudah habis dan kelas bisnis yang transit ke Jakarta juga sudah habis,” kata dia dalam keterangan tertulis kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Untuk mengakomodasi masyarakat dari Bandung menuju Medan, kata dia pilihan tiket yang tersedia adalah kelas bisnis yang harus transit di Bali dan Jakarta.

“Opsi tiket yang tersedia dan ditawarkan oleh maskapai adalah kelas bisnis untuk rute Bandung ke Medan, melalui transit ke Denpasar, lalu dari Denpasar menuju Jakarta, hingga kemudian dari Jakarta menuju Medan,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa harga yang tertera di Traveloka adalah harga yang mereka dapatkan langsung dari pihak maskapai.

“Harga yang tertera di platform kami merupakan harga yang kami dapatkan langsung dari pihak maskapai. Mengingat dalam hal ini jenis kelas yang ditawarkan adalah kelas bisnis, tentu harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas ekonomi,” tambahnya.(BB-DIO)

Sumber : Detik.com

Close Menu