Dinilai Jadi Provokator, HMI Ambon akan Polisikan Bobby Risakotta

Ketua HMI Cabang Ambon, Halik Lapelelo

BERITABETA.COM, Ambon – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon mengaku geram dengan sikap yang ditunjukkan Bobby Risakotta terkait dengan materi aksinya di depan Balai Kota DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Sikap Bobby yang mencantumkan nama Indonesia Timur dan Maluku secara luas, dinilai  sebagai tindakan provokasi dengan merugikan orang banyak, khususnya orang Maluku.

Atas tindakan itu, HMI Cabang Ambon mengaku akan melaporkan yang bersangkutan ke pihak Kepolisian.

“Kita akan laporkan yang bersangkutan. Dia bukan representasi orang Maluku khususnya orang Ambon. Kapasitasnya apa?  sehingga mengeneralisir bahwa mereka mewakili orang Maluku secara keseluruh dan kemudian mengeluarkan kalimat yang bisa memecah belah umat,” kata Ketua HMI Cabang Ambon, Halik Lapelelo saat menghubungi dalam keterangan persnya kepada media ini, Rabu (25/11/2020).

Halik menegaskan, upaya hukum dengan melaporkan Bobby ke pihak Kepolisian adalah suatu kewajiban, agar ketegangan di tengah masyarakat bisa kembali mencair dan bisa menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat Maluku, khususnya Kota Ambon.

“Ucapan dia itu sangat mengusik keharmonisan umat beragama di Kota Ambon. Orang seperti ini jangan dibiarkan harus beri sanksi agar tidak terulang lagi. Kita juga harus jadikan ini sebagai pelajaran terutama masyarakat Kota Ambon, sebagai daerah yang pernah berada pasa masa sulit, jangan karena ulah satu dua orang lalu merugikan banyak orang,” tegas Halik

Ia menegaskan, setelah beredar video pernyataan sikap dari Pemprov Maluku dan Pemkot Ambon beserta para pemuka agama di Maluku, rupanya tidak membuat masyarakat berhenti untuk melancarkan protes kepada Bobby Risakotta.

“Sudah ada pernyataan sikap dari Gubernur dan Walikota dan juga para jajaran elite agama di Maluku tapi masyarakat masih saja melakukan protes kepada Bobby olehnya itu untuk meredahkan amarah masyarakat satu satunya cara ialah yang bersangkutan wajib diproses secara hukum seperti yang ditegaskan Walikota Ambon,” tandasnya.

BACA JUGA:  HMI Cabang Ambon Tolak Penambahan Gerai Indomaret di Kota Ambon

“Kita sementara menyiapkan berkas-berkas untuk melakukan pelaporan terhadap yang bersangkutan,” sambung Halik (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire