BERITABETA.COM, Ambon – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Provinsi Maluku periode 2020-2025, resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan menysul turunnya SK DPP GANN Nomor 0022/Skep/DPP GANN/XII/2020, tentang Pengesahan Dewan Pembina, Dewan Penasehat dan DPD GANN Maluku.

Kepengurusan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ini, berlangsung di lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Selasa (1/12/2020) ditandai dengan penyerahan Bendera GANN dari Ketum DPD GANN Fakhruddin Sanghaji Bima, kepada Ketum DPD GANN Maluku Hidayat Samalehu.

Istri Gubernur Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail yang hadir sebagai Ketua Dewan Penasehat DPD GANN Provinsi Maluku, menyamapaikan apresiasinya atas terbentuknya LSM ini.

“Selaku Ketua Dewan Penasehat DPD LSM GANN Provinsi Maluku, Saya  menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terbentuknya LSM ini di Provinsi Maluku. Saya bangga karena ternyata di tengah kondisi seperti saat ini masih ada generasi muda Maluku yang memiliki kepedulian terhadap permasalahan narkotika,” katanya.

Menurutnya, komposisi keanggotaan dan pengurus GANN Provinsi Maluku yang menghimpun kalangan generasi muda Maluku dengan berbagai latar belakang pendidikan dan status, merupakan sebuah langkah yang patut diapresiasi oleh segenap komponen yang ada di Maluku.

“Kita  harapkan terbentuknya GANN di Maluku dapat membantu masyarakat dan khususnya pemerintah dalam memutus mata rantai peredaran gelap narkotika di tengah-tengah generasi muda dan masyarakat,” harapnya.

Widya mengaku percaya, para pengurus LSM ini hadir dengan niat yang ikhlas untuk menyelamatkan generasi muda Maluku dari ancaman Narkoba.

Untuk itu, tambahnya, selain keterlibatan aktivis pegiat anti Narkoba dalam proses bernegara dan berbangsa, masih memerlukan perjuangan keras. Membangun kemitraan untuk mewujudkan generasi muda dan masyarakat yang bebas dari penggunaan narkotika, merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan secara rutin.

“Narkotika dapat merusak tatanan hidup dan membuat masa depan menjadi suram. Saya berharap, pada saat menjalankan program tetap mengedepankan asas koordinasi lintas sektor baik secara internal organisasi instansi pemerintah termasuk BNN TNI Polri dan juga masyarakat,” pinta Widya.

Ditempat yang sama, Ketum DPD GANN Fakhruddin Sanghaji Bima  mengaku, pendirian LSM GANN ini merupakan keprihatinan dirinya atas generasi bangsa dan murni untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Mengingat, GANN merupakan salah satu amanah. Dengan amanah ini, tentu yang diselamatkan adalah generasi bangsa.

“Generasi ini adalah anak-anak kita. Makanya harapan saya untuk seluruh masyarakat Maluku, mari kita sama-sama jalankan amanah ini dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Ketum DPD GANN Maluku Hidayat Samalehu memberikan apresiasi kepada Ketua Dewan Penasehat DPD GANN Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, atas dorongan semangat kepada generasi muda termasuk pengurus DPD. Atas dasar itu, pelaksanaan pelantikan dapat berlangsung sebagaimana mestinya.

“Saya bertanggung jawab atas apa yang diharapkan dari pemerintah pusat, daerah dan masyarakat, bisa terlaksana dengan baik. Kesempatan yang besar ini, saya dan para pengurus dapat bersinergi dengan Pemda, Pempus dan stekholder terkait,” katanya. (BB-DIO)