BERITABETA, Ambon – Warga Desa Waelikut, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), digegerkan dengan penemuan sesosok mayat tanpa kepala, Minggu (28/10/2018) pukul 03.00 WIT.

Korban adalah warga setempat berinisial AN alias IN yang kesehariannya berprofesi sebagai petani. AN tewas mengenaskan di dalam kamar, rumah milik Ali Nurlaty,  dengan kondisi bersimbah darah.

Jasad korban ditemukan terkapar di atas lantai beralas tikar. Darah segar memenuhi tempat tersebut. Korban AN mengenakan celana pendek warga pink dan kaos lengan panjang berwarna hitam. Kematian tragis itu belum diketahui penyebabnya.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol, Muhamad Rum Ohiorat, yang dikonfirmasi media ini,  membenarkan  adanya peristiwa pembunuhan tersebut.

Rum mengakui, korban berinsial AN alias IN, ditemukan sudah tidak bernyawa dan mengalami luka potong di leher, hingga kepalanya terputus. Korban ditemukan  oleh  kedua isterinya berinsial NL dan S.

NL dan S, kemudian melaporan kejadian tersebut kepada kepala desa setempat..

“Laporan  tindak pidana pembunuhan yang terjadi di dalam kamar rumah milik seorang warga desa setempat tepat pukul 03.30 wit subuh, oleh  kedua istri korban, NL dan S. Keduanya   mendatangi rumah kepala desa, dan melaporkan kasus tersebut,”ungkap Rum.

Kedua isteri korban, kata Dia, juga meminta pertolongan saat melaporkan kejadian tersebut. Kepala desa Waelikut akhirnya mengamankan kedua wanita itu, mengantisipasi amarah dari pihak keluarga korban.

“Kedua istri korban juga meminta tolong. Kades sudah melarang kedua istri korban untuk kembali ke rumah dan berdiam di rumah kades,   mengantisipasi jangan sampai keluarga korban menganiaya keduanya atau membalas dendam,” jelasnya. .

Perwira berpangkat tiga melati ini mengatakan, untuk mengamankan situasi,  Kepala Desa Waelikut,  telah mendatangi sekretaris desa (Sekdes) untuk meminta bantuan anggota Polsek.

Saat ini, anggota Polsek Waesama dan Koramil serta apparat BKO  telah turun ke lokasi untuk mengamankan suasana disana.

Kasat Reskrim Polres Buru, AKP Ryan Citra Yudha juga membenarkan adanya kasus pembunuhan  tersebut.

“Kejadian di Desa Waelikut. Saya belum bisa  kasih keterangan, karena masih dalam penyelidikan. Itu sementara yang bisa saya sampaikan,”pungkasnya (BB/DIA)