Begini Cara Kerja ‘Pistol’ Pendeteksi Suhu Tubuh

Pengukuran suhu tubuh menggunakan Thermo Gun

BERITABETA.COM – Sejak mewabahnya virus corona di Indonesia, pemerintah melakukan antisipasi penyebaran virus Covid-19 dengan memasang thermo scanner atau alat pemeriksa suhu tubuh. Thermo scanner ini dipasang di berbagai tempat seperti bandara, stasiun, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan. Saat ini, alat tersebut diandalkan sebagai pendeteksi dini seseorang terkena virus corona atau tidak.

Salah satu thermo scanner yang sering digunakan adalah thermo gun, karena bentuknya yang praktis. Sesuai dengan namanya, thermo gun memiliki bentuk yang mirip seperti pistol, kemudian ditembakkan ke dahi. Tidak lebih dari satu detik, suhu tubuh langsung bisa terdeteksi.

Cara Kerja Thermo Gun

Thermo gun tidak jauh beda dengan termometer infrared. Thermo gun bisa mengukur suhu tubuh tanpa harus bersentuhan dengan objek yang akan diperiksa.

Thermo gun biasanya diarahkan pada dahi orang yang ingin diperiksa. Semakin panas suatu benda, maka molekul akan semakin aktif dan semakin banyak juga energi infra red yang dipancarkan. Nantinya, hasil suhu tubuh bisa langsung terlihat pada bagian layar yang ada di bagian belakang thermo gun.

Suhu tubuh normal manusia berada pada 36,5-37,2 derajat Celcius. Suhu tubuh di atas normal menandakan tubuh tengah berjuang melawan penyakit atau infeksi yang menyerang.

Seperti yang kamu tahu, virus corona mempunyai gejala yang mirip seperti demam biasa, namun disertai sesak napas. Apabila suhu melebihi 38°C, nantinya orang tersebut akan dirujuk untuk diperiksa lebih lanjut.

Mengutip Acoris, Jumat (13/3/2020), cara kerja pistol pengukur suhu merujuk pada ilmu fisika dasar; permukaan objek dengan suhu di atas suhu nol absolut memancarkan radiasi elektromagentik, yang setara dengan suhu intrinsik objek itu sendiri.

Adapun radiasi inframerah merupakan salah satu bagian dari radiasi intrinsik dan ia dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Sinar inframerah difokuskan melalui lensa pada elemen detektor dan menghasilkan sinyal listrik yang setara dengan radiasi. Kemudian sinyal radiasi ini diamplifikasi dan diubah menjadi sinyal yang sebanding dengan suhu objek tersebut (BB-IT)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire