BERITABETA.COM, Ambon–  Pemerintah Negara Irlandia melalui Duta Besar (Dubes) untuk Indonesia, Olivia Leslie, menyampaikan, keinginannya akan membantu Pemerintah Provinsi Maluku di bidang pendidikan.

Bantuan yang diberikan Irlandia berupa beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa Maluku yang ingin melanjutkan pendidikan di negara  berjuluk the emerald isle(pulau zamrud) itu.

Hal itu disampaikan Dubes Olivia saat menghadiri undangan makan malam di kediaman Gubernur Maluku Mangga Dua, Ambon, Rabu malam (21/8/2019).

Dubes Olivia didampingi salah satu staf, Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) dan rombongan diterima Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno dan Ny. Beatrix Orno.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Olivia menyatakan rasa senang karena untuk pertama kalinya bisa berkunjung ke Kota Ambon, Provinsi Maluku.   Dirinya mengakui banyak mempelajari tentang Maluku.

Dubes Irlandia untuk Indonesia, Olivia Leslie memberikan sambutan pada jamuan makan malam di rumah dinas Gubernur Maluku, Rabu malam (21/8/2019)

“Maluku ini memiliki 1.340 buah pulau.  Dan saya akan berusaha, jika saya bisa untuk dapat mengunjungi sebanyak mugkin pulau di provinsi ini,” ungkap Olivia.

Olivie juga mengakui sangat menyukai ikan. “Saya menghargai undangan Bapak (Wagub) untuk makan ikan. Saya suka ikan, karena saya tinggal di daerah dekat perairan pantai, sehingga sangat menyukai ikan,” kata Olivia.

Dubes Olivia juga mengatakan, jika pihak Univeritas Pattimura memiliki nama besar di Indonesia Timur,  dan sudah bertahun-tahun membangun dan mencerdaskan generasi muda.

“Dengan keberadaan universitas kami di Irlandia, menjadi dorongan bagi kerjasama pendidikan untuk mendorong sektor-sektor ekonomi, sektor budaya dan sektor lainya dalam rangka mencerdsakan generasi. Ini bukan hanya merupakan kesempatan untuk Unpatti untuk mengembangkan diri tetapi juga kesempatan untuk memperkenalkan negara dengan potensi-potensi yang dimiliki,” paparnya.

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemprov Maluku dan berharap dapat mengembangkan kerjasama yang baik dalam peningkatan SDM di bidang pendidikan.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Wakil Gubernur dan saya merasa terhormat sekali mendapat undangan makan malam di tempat ini. Ini merupakan awal yang baik dan semoga kerjasama ini bisa berjalan dengan baik,” tandas Olivia.

Dubes Olivia bahkan menyampaikan rasa ketidaksabaranya lagi untuk bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa dan juga para dosen. Sebagaimana diketahui, Kamis besok (22/8/2019) dirinya akan bertemu dengan mahasiswa dan akan didampingi salah satu alumnus universitas di Irlandi yang nantinya akan berbagi pengalaman tentang mengenyam pendidikan di Irlandia.

Sementara itu, Wakil Guernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno menyampaikan apresiasi terhadap niat baik Dubes Irlandia untuk bekerjasama di bidang pendidikan dalam rangka peningkatan SDM di Maluku.

“Atas nama masyarakat Maluku, saya berharap Pemerintah Irlandia melalui Dubes Irlandia di Indonesia bisa berkenan memberikan bantuan beasiswa pendidikan. Mungkin juga untuk para dosen yang akan meningkatkan kompetensi pada studi S2, S3 dan juga mahasiswa berbagai jurusan,” harap Wagub.

Wagub menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dalam rangka kerjasama ini.

“Sekali lagi saya menyampaikan rasa terima kasih dan kami berharap agar bantuan-bantuan pemerintah Irlandia melalui duta besar untuk meningkatkan kualitas SDM di  Maluku dan di Indoensia pada umumnya,” ungkap Wagub (BB-DIO)