FKMH Canangkan Budaya Membaca di Kampus Unpatti

  • IPTEK
FKMH Canangkan Budaya Membaca di Kampus Unpatti
Sejumlah Mahasiswa Forum Komunikasi Mahasiswa Hatuhaha (FKMH) menggelar rapat perdana di Kampus Unpatti Ambon dan mencanangkan budaya membaca di kampus, yang digelar, Jumat (20/9/2019)

BERITABETA.COM, Ambon – Menyadari pentingnya mengakrabi buku yang harus dilakoni masyarakat kampus, Forum Komunikasi Mahasiswa Hatuhaha (FKMH) mencanangkan program literasi untuk menciptakan budaya membaca di kampus.

Pencanangan program, dilakukan dalam sebuah rapat perdana dengan melibatkan puluhan anggota FKMH yang berlangsung di lokasi Tambak Universitas Pattimura, Jumat (20/9/2019).

“Kita sadar betul bahwa keberadaan mahasiswa mengakrabi buku adalah sebuah keharusan yang harus menjadi bagian dari aktivitas kampus. Dengan status ini, maka FKMH memandang perlu untuk menciptakan kesadaran bagi semua anggota untuk menjaga tradisi membaca keilmuan,” kata Koordinator Lapak Baca, Akmal Latuconsina melalui rilisnya yang diterima beritabeta.com.

Latuconsina menjelaskan, kegian ini dilakukan sebagai upaya menyikapi rendahkan minat baca di kalangan mahasiswa yang ada di kampus. Untuk itu, FKMH memandang hal ini menjadi catatan kritis yang harus disikapi bersama.

Hilangnya budaya literasi di kalangan mahasiswa tentu menjadi faktor determinan terhadap keberadaan mahasiswa yang cenderung bacarita kewel (bual) dengan budaya hedon yang semakin masif menyerang mahasiswa di kampus sehingga kehilangan tingkat kritisnya ,”tandas Akmal.

Olehnya itu, kata dia, lewat program literasi ini, akan dapat mengajak semua masyarakat kampus untuk bersama-sama menghidupkan dan menumbuhkan semangat literasi di kampus orang basudara.

Dorong SDM Unggul

Selain mencanangkan program literasi dalam rapat perdana itu, FKMH juga berkomitmen untuk merealisasikan pengembangan keberadaan FKMH dengan mempertegas dan mengarusutamakan semua kebutuhan mahasiswa FKMH yang terhimpun di Universitas Pattimura Ambon.

“Kami ikut membahas sejumlah persoalan yang terjadi dengan beragam pandangan dan pendapat yang berkembang dalam rapat perdana.  Semuanya kita lakukan dengan tujuan untuk menciptakan SDM yang berhimpun dalam forum agar bisa berkualitas, inovatif dan berdaya saing,” kata Latuconina.

Untuk itu, tambahnya, tekad FKMH untuk mendukung SDM unggul tersebut ditegaskan dengan mengusung program -program pengembangan diri yang salah satunya berupa  literasi unggul di dalam menumbuhkan semangat membaca.

“Penegasan pentingnya membangun SDM  ini juga menandai reorientasi masa depan FKMH yang kami sepekati,” jelasnya (BB-DIO).

Close Menu