BERITABETA, Ambon – Sebanyak 16 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Ambon diharapkan mampu menghasilkan sebuah karya ilmiah berupa buku.

Buku tersebut merupakan hasil dari proses praktikum yang ditempu mahasiswa selama berada di tengah masyarakat, sehingga mampu menjadi modal pengembangan program study Fisip UKIM.

Hal ini disampaikan Ketua Koordinator Praktikum, Dr. Hobarth Soselissa dalam sambutannya pada kegiatan pelepasan mahasiswa praktikum Fisip UKIM dengan tema ‘Pergi Belajar, Kembali Mengabdi’ yang berlangsung di aula UKIM, Selasa (2/10/18).

Menurut Hobarth, output yang diharapkan dalam kegiatan praktukum adalah mahasiswa mampu melakukan, membina relasi dengan masyarakat serta memahami kondisi masyarakat dengan mengidentifikasi dan menganalisis masalah kebutuhan masyarakat.

“Mahasiswa  diharapkan juga menghasilkan karyanya dalam bentuk sebuah buku,  tentang laporan dan masalah yang dihadapi dalam melaksanakan tugas praktikum di tengah masyarakat untuk kemudian dipublikasikan,” ujarnya.

Kata Hobarth,  hal ini menjadi penting bagi 16 mahasiswa yang mengikuti proses praktikum agar mampu melakukan kajian-kajian yang berkaitan dengan letak kerja, sosial yang selama ini dipelajari.

Manfaat bagi  mahasiswa adalah memperoleh kesempatan untuk menggunakan pengetahuan serta keterampilan dalam kehidupan nyata.

“Selain itu memperoleh pengalaman yang berharga dalam suatu pekerjaan di tengah masyarakat dan juga dapat memperoleh relasi dan informasi,  bahkan data yang baku untuk melengkapi buku yang menjadi prioritas bagi pengembangan program studi kedepan,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I FISIP UKIM, C. M. A Lawalatta kepada wartawan mengatakan, pihaknya berharap ketika mahasiswa tersebut turun ke masyarakat dapat membantu dan belajar untuk bisa menangani berbagai masalah yang dihadapi. Terutama  menyangkut dengan kesejahteraan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Mereka diharapkan menjadi partner bagi masyarakat dalam melayani masyarakat. Mahasiswa ini akan melakukan praktikum di dua negeri, yakni di Negeri Suli dan Negeri Waii, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah,” kata wakil Dekan (BB/DP).