150 Siswa Halmahera Selatan “Study Tour” ke Kapal Perang

Para awak kapal menjelaskan apa saja tugas dan fungsi Badan Keamanan Laut RI, serta memperkenalkan peralatan yang ada di KN Ular Laut 405

BERITABETA.COM, Obi – Sebanyak 150 siswa berasal dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) melakukan “Study Tour” ke kapal perang KN Ulat Laut 405 di Pelabuhan Laiwui Jikotamo, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kamis (12/11/20).

Mereka berasal dari PAUD Gerbang Mas Obi (GMO LAIWUI) 20 orang siswa, SMP Mas Almarif Jiko Tamo 60 siswa, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arahman Jiko Tamoyang 70 siswa.

Didampingi sembilan guru dan seorang Kepala Sekolah, Abdulrauf Lasuhu, para siswa itu tampak bersemangat mengikuti jalannya “Study Tour”.

“Kami sangat berterimakasih  Kepada Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur, serta Komandan dan seluruh personel KN Ular Laut milik Badan Kemanan Laut RI,  karena mau menerima kunjungan para siswa ini,” kata Abdulrauf Lasuhu.

Ke-150 siswa itu tampak antusias menyimak penjelasan dari para awak kapal seputar pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan.

Para siswa itu tampak bersemangat mengikuti jalannya “Study Tour”.

“Para awak kapal menjelaskan apa saja tugas dan fungsi Badan Keamanan Laut RI, serta memperkenalkan peralatan yang ada di KN Ular Laut 405,” kata Abdulrauf Lasuhu.

Kunjungan para siswa itu diterima langsung Kepala Kantor Kamla Zona Miritim Laksma Arif Sumartono, didampingiKapala bidang Operasi Kolonel Bakamla Edward. H. Sibuea, dan Komandan KN Ular laut 405 Letkol Bakamla Umar Dani, serta seluruh personel  kapal.

Saat masih di pelabuhan, para siswa dipersilahkan naik ke atas geladak kapal, sembari awak kapal  memberikan penjelasan seputar fungsi dari perangkat yang ada di dalam KN Ulat Laut 405.

Di ruang navigasi, siswa siswi itu mendapat penjelasan terkait perangkat navigasi, radar, radio dan lainnya. Tampak antusiasme para siswa dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada awak KN Ular Laut-405.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Buru Ikut Seleksi Calon Komisioner KPK

Dalam kunjungannya ke KN Ulat Laut 405, para siswa itu tetap memperhatikan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Mereka pun telah dites suhu badan oleh para awak kapal KN Ulat Laut 405, demi mencegah penularan Corona virus disease 2019 (covid-19).

Kepala Kantor Kamla Zona Miritim Laksma Arif Sumartono, berharap agar para generasi muda bangsa itu dapat memahami tugas dan fungsi dari Bakamla RI.

“Apa yang mereka peroleh hasil kunjungan di atas KN Ular Laut-405 dapat meningkatkan semangat belajar mereka, guna meraih cita-cita dalam pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai ini,” kata Laksma Arif Sumartono (BB-YP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire