21 Rumah di Kelurahan Hollo Malteng Terendam Banjir

Banjir yang merendam salah satu rumah di kawasan Kelurahan Hollo, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (28/6/2020)
Banjir yang merendam salah satu rumah di kawasan Kelurahan Hollo, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (28/6/2020)

BERITABETA.COM, Masohi – Sebanyak 21 unit rumah di RT 01, Kilo 12, Kelurahan Hollo, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dilaporkan terendam banjir akibat meluapnya kali Air Banda yang berada di sekitar kawasan tersebut.

Banjir yang merendam puluhan rumah ini, disebabkan intensitas hujan yang mengguyur kawasan tersebut sejak pukul 13.00 WIT, Minggu siang (28/6/2020).

Sekretaris Kelurahan Hollo, Tuale Matoke yang dikonfirmasi beritabeta.com, Minggu malam (28/6/2020) membenarkan kejadian tersebut. Ia mengaku banjir akibat meluapnya  kali Air Banda ini, merendam sebanyak 21 rumah di kawasan Kilo 12, tepatnya di Jalan Pisang yang berada di bagian belakang kawasan transmigrasi local itu.

“Kami baru sampai lokasi banjir. Ada 1 kepala keluarga yang sudah mengungsi ke rumah tetangga yang lokasinya agak aman,” kata Matoke.

Menurutnya, sampai malam ini pukul 19.00 WIT puluhan rumah di RT 01 ini,  masih terendam banjir setinggi betis orang dewasa (20-30 cm). Ketinggian air sudah berangsur turun, menyusul hujan yang mengguyur kawasan tersebut mulai redah.

“Kondisinya memang karena hujan sejak siang tadi, makanya air kali dari gunung meluap dan mengenangi sejumlah rumah,” bebernya.

Atas kondisi ini, Matoke mengaku, sudah mengkordinasikan hal ini dengan sejumlah pihak, termasuk Wakil Bupati Malteng, Marlatu Leleury dan camat setempat.

“Pak wakil bupati tadi sudah berkomunikasi dengan kami dan kami sudah laporkan kondisinya,” jelasnya.

Sementara terkait kondisi terakhir, pemilik puluhan rumah yang terendam banjir masih tetap bertahan di rumah masing-masing dengan mengamankan sejumlah barang.

“Belum ada kerugian yang ditimbulkan. Semua warga masih tetap di rumah,” bebernya (BB-DIO)

BACA JUGA:  DPRD SBT Nilai Kolatfeka Asbun, KMP Bobot Masiwang Tidak Dikembalikan

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire