24 OTG Covid-19 di Kabupaten Buru Dinyatakan Sembuh

BERITABETA.COM, Namlea – Sebanyak 24 orang pasien Covid-19 di Kabupaten Buru dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) dinyatakan sembuh. Puluhan OTG ini, baru pekan lalu dinyatakan positif, namun setelah  dilakukan swab test untuk kedua kalinya, hasilnya sudah negatif.

Kepastian ini disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Buru,  Nani Rahim dalam keterangan singkatnya kepada awak media via WhatsApp group media Covid-19, Minggu (11/10/2020).

Nani Rahim menjelaskan,  pihaknya telah menerima pemberitahuan dari  Dinas Kesehatan Provinsi Maluku yang  berisi uji swab kedua terhadap 27 OTG Covid-19 yang tadinya dinyatakan positif Covid-19, hasilnya sebanyak 24 orang dinyatakan negatif.

“Hasilnya cukup menggembirakan,  karena dalam tempo singkat,  sudah 24 orang yang dinyatakan negatif. 1 orang masih positif, 2 org inconclusive (mengulang swab),”jelas Nani Rahim.

Mereka yang dinyatakan sudah terbebas atau sembuh  dari Covid-19 adalah 15 tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Savanajaya, 1 orang dari Puskesmas Namlea,  1 orang dari Rumah Sakit Umum, 1 orang petugas Satpol,  1 orang dari Kafe 69, 1 orang ASN di  Dispenda Pemkab Buru,  2 orang ASN di Dinkes Kabupaten Buru, 1 orang guru dan 1 warga.

Beberapa OTG Covid-19 yang sudah terbebas dari Covid-19 saat ditanya mengaku cepat sembuh setelah rutin menggunakan minyak kayu putih.  Selain terus memperkuat imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin saat menjalani karantina.

Dengan 24 orang telah dinyatakan bebas covid 19, maka tercatat OTG positif Covid-19 di Kabupaten Buru masih tersisa sebanyak 46 orang.

” Yang sembuh ini rata-rata adalah tenaga kesehatan yang  memang sudah duluan terpapar sebelum ada swab massal,”urai Nani Rahim (*)

 

Reporter : Abdul RT Ohorela
Editor : Redaksi
BACA JUGA:  Wagub Minta Kampus Lelemuku Siapkan SDM Sambut Blok Masela

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire