ABK KM Astri 02 Hilang Saat Tercebur ke Laut

Ilustrasi Orang Tenggelam
Ilustrasi Orang Tenggelam

BERITABETA.COM, Ambon – Salah satu anak buah kapal (ABK) KM Astri 02,   dikabarkan hilang setelah tercebur ke laut di sekitar perairan Aru pada pukul 07.30 WIT,  Minggu (5/7/2020).

Insiden ini terjadi  saat kapal balik dari lokasi fishing ground. ABK yang mengalami nasib naas tersebut adalah Rizal, warga Sinjai Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pria berusia 25 tahun ini diduga terpeleset saat berusaha memperbaiki lampu kapal yang rusak pada tiang buritan.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun beritabeta.com menyebutkan kejadian kecelakaan laut tersebut dilaporkan Nakhoda KM Astri 02, Rizal.

Kapal penangkap ikan menggunakan pancing tonda dengan berat 24 Gt ini, bertolak dari  PPN Ambon  pada 17 Juni 2020 (sesuai SPB),  menuju Fishing Ground (Laut Aru) dan balik 3 Juli 2020.

Menurut sumber,  saat itu kapal dalam posisi kembali ke pangkalan Ambon setelah melakukan operasi penangkapan ikan di sekitar laut Aru. Pada   Sabtu,  4 Juli 2020 sekitar jam 19.00 WIT,  korban kemudian mengambil alih kemudi kapal.

Sekitar pukul 22.00  WIT, seluruh ABK termasuk nakhoda dalam keadaan tertidur.  Saat  nakhoda terbangun pukul 24.00 WIT, korban masih terlihat berada diatas kapal.

Namun pukul pada 01.30 WIT, saat  Nakhoda terbangun  lagi, korban sudah terlihat berada di atas kapal. Diduga korban terpeleset jatuh ke laut.

Nakhoda kemudian berupaya melakukan pencarian selama  satu jam di sekitar area yang diduga sebagai tempat jatuhnya korban. Namun, korban tak kunjung ditemukan. Kapal akhirnya kembali melanjutkan perjalanan ke pangkalan Ambon,  PPN Ambon, Minggu,  05 Juli 2020  pukul 06.30 WIT.

“Saat seluruh ABK tidur, sekitar pukul 19.00 WIT, korban mengambil alih kemudi kapal, seluruh ABK termasuk nakhoda dalam keadaan tertidur. Namun sekira pukul 01.30 WIT, nakoda tidak lagi melihat korban berada diatas kapal, diperkirakan terjatuh kelaut,” ungkap Kepala Basarbas Ambon, Muslimin.

BACA JUGA:  Pro-Kontra Pejabat Negeri Seith, Ketua Saniri Polisikan Wakilnya

Kejadiaan ini, kata Muslimin,  telah dilaporkan ke Kantor Basarnas Ambon melalui Nahkoda.

“Tim sudah diberangkatkan ke lokasi pukul 12. 53 WIT  dengan menggunakan RIB dan KM.Astri Jaya 02 untuk kembali melakukan pencarian terhadap korban,” pungkasnya (BB-DIA)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire