Badko HMI : Bupati Malteng Jangan Bikin Malu

Badko HMI : Bupati Malteng Jangan Bikin Malu
Ketua Badko HMI Maluku-Malut, Akib Sella

BERITABETA.COM, Masohi– Pengurus Badan Koordinasi (Badko) HMI Maluku-Maluku Utara periode 2018-2020 menyampaikan sikap kritis terhadap Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, menyusul statemen Gubernur Maluku Murad Ismail di arena MTQ Provinsi Maluku ke-28 di Namlea.

Mereka menyayangkan sikap acuh Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Pemkab Malteng) dibawah kendali Bupati Malteng Tuasikal Abua terhadap keterlibatan kafilah Malteng di event MTQ Provinsi Maluku yang berlangsung di Namlea, Kabupaten Buru.

“Kami minta Bupati Malteng jangan bikin malu masyarakat Malteng. Apa salah kafilah Malteng? Harusnya ini menjadi bahan evaluasi bahwa apa yang disampaikan Gubernur Maluku itu benar adanya,” tulis  Ketua Badko HMI Maluku-Malut, Akib Sella dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com,  Sabtu (15/6/2019).

Mantan Sekretaris HMI Cabang Masohi ini menilai,  sikap Bupati Malteng Tuasikal Abua,  kelihatan sangat arogan dan terkesan  acuh pada event-ivent keagamaan.  Terbukti dengan keterlibatan kafilah Malteng pada saat pembukaan MTQ Provinsi Maluku ke-28, Jum’at (14/6/2019).

Buktinya, kata Sella,  jumlah peserta kafilah MTQ Kabupaten Malteng  sangat sedikit. “Fakta sedikitnya jumlah peserta kafilah MTQ ini menunjukan ada ketidak harmonisan antara Bupati Malteng dengan Ketua LPTQ Kabupaten Malteng,” tegas Sella.

“Gubernur Maluku amat sedih dan kecewa dengan kebijakan Bupati Malteng saat menyaksikan defile kafilah pada pembukaan MTQ tingkat Provinsi tersebut,” sambung dia.

Akib Sella mengatakan, Kabupaten Malteng sebagai kabupaten tertua harusnya mengirim lebih banyak peserta yang mengikuti momentum MTQ itu. Sebab, jumlah masyarakat muslim di kabupaten berjuluk “Pamahanunusa” ini  lebih banyak dari 10 kabupaten/kota di Maluku.

“Wajah Malteng ada di tangan Pemerintah Daerah, jangan buat malu masyarakat muslim Malteng. Harusnya ini direspons pak Bupati untuk melakukan perbaikan di masa mendatang. Bila perlu Pemkab Malteng menggagas sebuah program unggulan  untuk menunjang peningkatan imtak, terutama terkait event seperti ini,” urai Sella (BB-OVANS)   

Close Menu