BERITABETA.COM, Ambon – Kantor Basarnas Ambon mengirim personil dengan Kapal KN. Abimayu untuk melakukan pencarian dua nelayan asal Seram Bagian Timur (SBT) yang dilaporkan  hilang di laut.

Tim Basarnas bertolak sejak pukul 11.30 Wit menuju ke Kota Bula  SBT untuk membantu melakukan pencarian.  Jarak ke lokasi 243 NM dengan estimasi perjalanan 12 jam tiba di lokasi.

Demikian disampaikan Kepala  Kantor SAR Ambon, Muslimin, menjelaskan  saat ini Tim Basarnas Ambon menggerakkan Kapal KN. Abimanyu

“Informasi kondisi membahayakan jiwa manusia yang kami terima dari keluarga korban kalau dua nelayan ini melaut menggunakan long boat di perairan utara Kota Bula, Kabupaten SBT sejak pukul 17.30 WIT,” kata Muslimin di Ambon, Sabtu (2/2/2019).

Kedua nelayan masing-masing Haerudin Rumadai (43) dan rekannya Abu bin Lahmar (42), dua orang nelayan asal Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku dilaporkan hilang kontak oleh keluarganya sejak Jumat (1/2) kemarin.

Dalam perjalanan menuju lokasi mencari ikan, korban masih melakukan komunikasi melalui telepon genggam dengan keluarganya dan melaporkan tali gas pada mesin long boat putus dan meminta pertolongan sekitar pukul 23.00 Wit.

Namun hingga Sabtu, (2/2) sekitar pukul 09.00 Wit komunikasi mereka jadi terputus atau hilang kontak hingga sekarang ini. Peristiwa ini bertepatan dengan terjadinya tiupan angin barat daya diperairan Kabupaten SBT sehingga mengakibatkan cuaca menjadi ekstrem.

“Kemudian kami menerima informasi dari petugas BPBD Kabupaten SBT bernama Kalak sekitar pukul 09.40 WIT yang melaporkan kejadian tersebut dan langsung direspon Kantor Basarnas Ambon dengan mengerahkan regu penyelamat,” ujar Muslimin (BB-DIO)