Bupati Buru Bagi 200 Paket Sembako di Desa Sawa dan Waeperang

Bupati Buru Ramli Umasugi saat melakukan pembagian sembako yang dipusatkan di Desa Sawa dan Desa Waeperang, Kecamatan Waplau, Kamis (23/4/2020).
Bupati Buru Ramli Umasugi saat melakukan pembagian sembako yang dipusatkan di Desa Sawa dan Desa Waeperang, Kecamatan Waplau, Kamis (23/4/2020).

BERITABETA.COM, Namlea – Pemerintah Kabupaten Buru kembali menyalurtkan sebanyak 200 paket bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 di Kabupaten Buru.

Pembagian sembako ini dipusatkan di  Desa Sawa dan Desa Waeperang, Kecamatan Waplau, Kamis (23/4/2020).  Selain bahan makanan dalam kemasan, seperti mie instan, minyak goreng,  Pemkab Buru juga memberikan masker untuk dapat digunakan masyarakat setempat.

Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi langsung memimpin kegiatan pembagian tersebut didampingi Asisten I, Ir H.Masri Bugis dan Asisten III, Mansur Mamulaty SPd dan Kabag Humas, Umar Karepesina SE.

Kepada beritabeta.com, Ramly Umasugi mengaku pemberian bantuan itu bertujuan membantu warga mengatasi dampak Covid-19, karena masyarakat harus tinggal di rumah, tidak boleh bepergian atau berkumpul di luar rumah guna menghindari virus Corona.

Pemkab Buru akan membantu sekuat tenaga dan berharap masyarakat mau mematuhi apa yang dianjurkan pemerintah, seperti memakai masker dan menjaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan.

Dalam setiap kesempatan Bupati meminta para camat, Muspika, para kepala desa agar membantu mensosialisasikan anjuran tersebut, sehingga dapat mencegah dan mata rantai Covid-19 di daerah itu.

Sampai hari ini, tercatat sudah lebih dari 6000 paket sembako yang disalurkan Pemkab Buru kepada masyarakat.Namun diakuinya, banyak masyarakat yang belum kebahian paket itu.

Terkait dengan kegiatan safari Ramadhan yang selalu dilakukan setiap tahun, tegas Ramly, kali ini ditiadakan.

“Dananya sudah saya perintahkan dibelikan sembako dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya,”tutur Ramly.

Ramly juga telah menginstruksikan Dinas Sosial Kabupaten Buru untuk mendata masyarakat yang berhak menerima bantuan paska waspada bencana non alam pandemik Covid-19. Kemudian warga segera mendistribusikan bantuan kepada mereka yang berhak.

BACA JUGA:  Ikuti Karantina di Ambon, Ini Pengakuan Hakim Tinggi PT Maluku

Sementara itu, informasi yang berhasil dikumpulkan dari lapangan menyebutkan, bantuan paket sembako kepada masyarakat ini bukan hanya datang dari kalangan intansi pemerintah. Partai politik DPD PG juga sudah ulurkan tangan memberi bantuan.

Bantuan dari para politisi juga mulai mengalir, diantaranya dari politisi partai Golkar di DPRD Buru, Gadis Siti Nadia Umasugi dan kader Partai Golkar yang juga Ketua DPRD Buru, M.Rum Soplestuny dengan terjun langsung membagi sembako dan masker kepada masyarakat.

Bantuan serupa juga diberikan politisi di DPRD Buru kader  Partai Demokrat, Erwin Tanaya yang memberi paket berupa beras, minyak kelapa, mentega, daun teh, kopi, dan sirup.

Partai PKS di DPRD Buru, Irfan Papalia di Kampung halamannya di Desa Waeura, KecamatanWaplau, juga bersedekah dengan memberikan paket sembako kepada para lansia (BB-DUL)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire