BERITABETA, Ambon – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menargetkan, 25 ribu wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan berkunjung ke Maluku pada November 2018 ini.

Target ini ditetapkan menyusul akan digelarnya event Pesona Banda 11 – 14 November 2018 mendatang.

“Kami optimis dari event ini target 25 ribu wisatawan bisa tercapai,”ujar Kepala Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif. Provinsi Maluku, Habiba Saimima, kepada wartawan di kantor Gubernur, Senin (05/11/2018).

Dikatakan, event Pesona Banda akan berlangsung dari tanggal 11-14 november, yang rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Said Assagaff.

“Kita baru laporkan kepada gubernur, rencannya beliau tanggal 11 baru ke Banda,”ucapnya.

Untuk l Kementerian Parawisata, kata Saimima akan dihadiri staf ahli menteri dan juga mantan Menteri Parawisata Mutia Hatta.

Kehadiran mereka untuk menyaksikan langsung pemutaran film Hatta, serta investor dari berbagai negara, termasuk China, dengan tujuan  mengembangkan infrastruktur dan resort di Banda.

Selama evant Pesona Banda digelar akan ada sejumlah kegiatan yang dilakukan, yaitu tour sepeda,  pertunjukan tarian, musik dan teater, pameran kerajinan tangan, lomba perahu belang tradisional, pameran kuliner dan dialog sejarah. hingga puncak tanggal 14 akan digelar tradisi cuci parigi, Desa Lonthoir.

Lebih lanjut dikatakan, Pesona Banda yang berlangsung setiap tahun ini, merupakan 100 event parawisata yang digagas, Kementerian Parawisata, sebagai bagian dari upaya untuk mengekspos Kepulauan Banda Maluku yang indah ke seluruh dunia.

Apalagi Banda Neira, kata Kadis,  terkenal dengan situs sejarah yang dapat dikunjungi wisatawan, seperti Benteng Belgica, rumah pengasingan Mohammad Hatta  (salah satu pendiri negara Indonesia)  dan Sutan Sjahrir (Pemimpin kemerdekaan revolusioner).

Kepulauan Banda juga terkenal dengan tempat diving dan snorkeling-nya, berkat air yang jernih, kehidupan laut yang melimpah dan terumbu karang yang indah, serta potensi rempah-rempah seperti pala dan cengkeh yang memiliki kualitas yang sangat baik. (BB-DIO)