BERITABETA.COM, Namlea– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru merencanakan kembali menggelar  Festival Pesona Bupolo yang pernah digelar pertama kali  pada tahun 2016 lalu.

Event yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Buru itu dinilai sukses karena mampu mendatangkan kunjungan wisatawan Nusantara melewati target yang diperkirakan.

“Target kunjungan ke Kabupaten Buru untuk tahun 2016 saat pelaksanaan Vestifal Pesona Bupolo saat ini melampaui target kunjungan wisatawan nusantara yang ditergetkan ke Buru,”kata Kadis Pariwisata Kabupaten Buru, Istanto Setiahadi di Namlea, (11/9/2019).

Untuk itu, kata dia, dengan keberhasilan dan kesuksesan Festival Namlea tahun 2016, 2017 dan 2018,  maka dalam tahun 2019, Dispar Kabupaten Buru akan kembali menggelar kegiatan Festival Pesona Bupolo yang akan dirangkai dalam HUT Kabupaten Buru pada 12 Oktober 2019 nanti yang juga sudah masuk ke dalam agenda tahunan.

Istanto yang ditemui di ruang kerjanya itu mengatakan, pihaknya sudah menyusun Rundown kegiatan Festival Pesona Bupolo nanti yakni, pada 12 Oktober 2019 dilaksanakan pembukaan HUT Kabupaten Buru dan pembukaan Festival Pesona Bupolo, kemudian ikuti dengan kegiatan Makan Patita, Karnaval Budaya, pembukaan tradisional games diantaranya, tarian seni budaya, Pengukuhan GENPI, sambutan Bupati Buru, Live Musik, Goyang Bupolo Massal dan Atraksi Bambu Gila.

Kemudian kegiatan akan dilanjutkan dengan Panggayong Perahu, Lomba Lari Kaki Setang, Makan Patita, Lomba Kupas dan Sisi Kelapa, Lomba Lari Tampurung, Story Telling, Transplantasi Terumbu Karang, Final Panggayong Manggurebe Perahu Semang, Manggurebe Rumbu, Final Story Telling dan penutupan Festival Pesona Bupolo dengan kegiatan pesta rakyat.

Kegiatan tersebut, tambah  Istanto akan berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 12 Oktober sampai dengan tanggal 14 Oktober (BB-DUL)