Kebakaran di Namlea, Rumah Nur Asma Ludes Dilalap ‘Si Jago Merah’

Kebakaran di Namlea, Rumah Nur Asma Ludes Dilalap ‘Si Jago Merah’
Rumah milik Nur Asma (33) di Dusun Jikubesar - Kampung Lama, Desa Namlea, Kabupaten Buru, ludes terbakar sekitar pukul 11.40 WIT, Kamis (8/8/2019) (FOTO: BERITABETA.COM)

BERITABETA.COM, Namlea  Satu unit rumah di Dusun Jikubesar – Kampung Lama, Desa Namlea, Kabupaten Buru, milik  Nur Asma (33) sekitar pukul 11.40 WIT, Kamis (8/8/2019), ludes dilalap ‘Si Jago Merah’.

Dilaporkan, saat kebakaran itu terjadi rumah dalam keadaan tidak berpenghuni.  Ibu Nur Asma  juga sedang keluar bekerja.

Kebakaran yang terjadi pada rumah Nur Asma nyaris saja merembet di rumah tetangganya Jumain yang letaknya hanya dua meter di sebelah rumah yang sedang terbakar. Namun Jumain dan istrinya Delvira cepat memadamkan api dengan air dan dibantu tetangga, sehingga rumah mereka akhirnya luput dari musibah kebakaran.

Kasubbag Humas Polres Pulau Buru, Ipda Zulkifli kepada kepada wartawan menjelaskan, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah hubungan pendek arus listrik.

“Saat ini Satrekrim sudah police line di TKP dan sedang melakukan penyelidikan penyebab kebakaran. Dugaan sementara karena ada hubungan arus pendek yang menyebabkan timbulnya percikan api di dalam rumah dan membakar seisi rumah,”papar Ipda Zulkifli, Kamis (8/8/2019).

Selain mengolah di TKP, lanjut Zulkifli, Satreskrim juga telah meminta keterangan dari Ibu Delvira (35) dan suaminya Jumain, tetangga sebelah rumah.

Dari mulut saksi Delvira, polisi berhasil mengorek keterangan kalau sebelum terjadi kebakaran, saksi yang saat itu sedang beristirahat sempat mendengar ledakan dari dalam rumah Ibu Nur Asma.

Bersama suaminya Jumalin, keduanya sempat keluar rumah dan menyaksikan rumah tetangga mereka telah terbakar.

Keduanya dan juga sejumlah tetangga yang berdatangan tidak dapat leluasa membantu memadamkan api, karena kondisi saat itu lagi angin kencang dan mereka juga kekuarangan air.

“Ketika kebakaran terjadi Ibu Nur Asma tidak berada di tempat, dan kondisi cuaca yang cukup berangin pada saat kejadian mengakibatkan api cepat merambat dan menghanguskan seisi rumah,”beber Ipda Zulkifli.

Nur Asma belakangan baru tahu rumahnya telah terbakar. Ia tiba di TKP dan hanya bisa meratapi peristiwa kebakaran ini. Korban sempat lemas dan ditolong para tetangga kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Menurut Zulkifli, masyarakat sudah berusaha membantu tapi tiupan angin cepat membantu lidah si jago merah melahap rumah Ibu Nur Asma.

Sejumlah awak media yang duluan datang di TKP, juga ikut menyaksikan api sudah sangat membesar. Masyarakat tetap bahu membahu berusaha memadamkan api agar tidak merembet ke rumah berdekatan.

Sedangkan mobil Damkar sebanyak dua unit baru tiba di TKP pada pukul 12.10 wit.  Dengan dukungan dua mobil damkar ini api di rumah Ibu Nur Asma berhasil dikendalikan pada pukul 12.45 wit.

Ada beberapa warga yang membantu hanya bisa menyelamatkan beberapa berkas berharga di dalam rumah. Sedangkan rumah luluh lantak dilahap si jago merah.

“Estimasi kerugian yang dialami oleh Ibu Nur Asma diperkirakan mencapai -150 juta,”tutup Ipda Zulkifli.( BB-DUL)

Close Menu