Kunjungi 15 Negeri, Bupati Malteng Himbau Warga Patuhi Protokol Covid-19

Penyerahan paket bantuan oleh Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua dan Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu L. Leleury bersama Ketua TP PKK Maluku Tengah Amien Ru’ati Tuasikal, dalam kunjungan kerja di Negeri Soahuku, Kecamatan Amahai, Jumat (16/10/2020)

BERITABETA.COM, Masohi – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua bersama  istri  Ny.  Amien Ru’ati Tuasikal, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke 15 negeri (desa) di Kecamatan Amahai, Kebupaten Maluku Tengah dengan menjalankan sejumlah agenda, Jumat (16/10/2020).

Kunjungan yang dimulai sejak tanggal 15 hingga 16 Oktober itu dilakukan untuk melihat dari dekat kondisi masyarakat di 15 negeri yang terdampak pandemi Covid-19 dan memastikan pengelolaan dana oleh pemerintah desa dan juga menyerahkan sejumlah bantuan  kepada masyarakat.

Sejumlah negeri yang dikunjungi antaranya, Negeri Soahoku, Amahai, Haruru, Sehati, Makariki, Hatuhenu, Nuanea, Holo, Banda Baru, Yafila, Nueletetu, Tamilouw, Sepa, Yanuelo, dan Negeri Rutah.

Dalam kesempatan itu, baik Bupati dan Ketua TP PKK Maluku Tengah menyampaikan himbauan agar warga di masing-masing negeri tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat berupa mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak (3M) untuk mencegah penularan Covid-19.

Kunjungan tersebut, juga dirangkai dengan pengobatan gratis atas kerjasama TP PKK dengan Dinas Kesehatan Maluku Tengah.

Selain didampingi Ketua TP PKK Maluku Tengah, Bupati Malteng juga disampingi Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu L. Leleury,  sejumlah pimpinan OPD Pemkab Malteng dan stakeholder terkait  seperti PT. Bank Maluku-Maluku Utara, BPJS Kesehatan dan Baznas Maluku Tengah.

Bupati Tuasikal Abua dalam kesempatan itu juga  menyerahakan sejumlah bantuan seperti sembako, Kartu BPJS Kesehatan, Kupon Pasar Murah, dan juga bantuan untuk peningkatan ketahanan pangan berupa cadangan beras dari  Pemerintah Daerah bagi masyarakat yang kurang mampu.

Selain itu, juga diserahkan paket  bantuan bagi masyarakat untuk memperkuat produksi hasil perikanan tangkap berupa alat pancing dan peralatan berupa cool box dan penyerahan bantuan sembako bagi fakir miskin, anak yatim dan orang tua jompo yang merupakan hasil kerjasama dengan TP PKK dengan Baznas.

BACA JUGA:  Dua Unit Alat Rusak, Uji Sampel Covid-19 di BTKLPP Ambon Terhambat

Bupati juga menyaksikan secara langsung penandatanganan kredit tanpa bunga antara pihak Bank Malalu-Maluku Utara dan calon nasaba pelaku usaha kecil. Penandatanganan kredit tanpa bunga yang disubsidi pemda Maluku Tengah itu berlangsung di kota  Kecamatan Amahai.

“Semua ini merupakan bukti dari komitmen dan kepedulian Pemerintah Daerah kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan publik, agar beban masyarakat khususnya dapat berkurang di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” tandas Bupati Abua.

Sementara itu, Ketua TP PKK Maluku Tengah Ny.  Amien Ru’ati Tuasikal dalam kesempatan itu mengatakan, kunjungan kerja ini dilatari prinsip untuk memantau kondisi masyarakat yang sudah sejak beberapa bulan ini terkena imbas dari pandemi Covid-19.

“Kami hadir untuk menyentuh mereka, salur bantuan dan berikan motivasi untuk tetap semangat kerja dan mengutamakan protokoler kesehatan,” tandas Ruati.

Dia berharap masyarakat tetap sabar menghadapi kehidupan normal baru dan konsisten menerapkan 3M untuk melawan Covid-19.

“Jangan lupa terus terapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri melakukan 3M agar  semua dapat terhindar dari penyebaran virus mematikan ini,” harapnya (*)

 

Reporter : Edha Sanaky
Editor : Redaksi

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire