BERITABETA.COM, Tual – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kota Tual menyampaikan sebanyak lima pasien Covid-19 di Kota Tual, dinyatakan sembuh. Kelima pasien sudah diizinkan pulang ke rumah oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maren, Tual.

Kepastian ini disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid -19, kota Tual  Muchsin Ohoiyuf kepada beritabeta.com di ruang kerjanya, Selasa sore (21/7/2020).

Muchsin menjelaskan,  pihaknya juga telah menerima surat dari tim medis yang menyebutkan kondisi kelima pasein Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejalah (OTG) ini sudah sembuh. Kelimanya, juga sudah diizinkan  pulang ke rumah masing- masing untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

“Mereka dinyatakan sudah sehat, setelah selama 14 hari mereka diisolasi  di RSUD Maren maupun di rumah sakit darurat hotel anugerah,” jelasanya.

Kelima pasein Covid-19 yang dinyatakan sehat itu masing-masing, berinsial, FL (L), AW (P), NL (P), HSB (L), dan  OR (P). Satu diantaranya menjalani perawatan di RSUD Maren dan empat  pasein lainnya dirawat di rumah sakit darurat Hotel Anugerah.

Dengan sembuhnya kelima pasien Covid-19 ini, kata Muchsin untuk kota Tual   jumlah pasien Covid-19 tersisa sebanyak 10 orang yang masih dirawat. Tiga pasien dirawat di RSUD Maren dan 7 pasien lainnya dirawat di rumah sakit darurat Hotel Anugerah.

Menyinggung tentang rapid test yang dilakukan oleh  Tim Covid-19 Kota Tual kepada masyarakat kota Tual, kata Muchsin pihaknya melalui Dinas Kesehatan setempat, masih tetap melakukan rapid test terhadap masyarakat.

Namun tidak seluruh masyarakat harus dilakukan rapid test, hanya sebagian masyarakat saja yang dilihat oleh tim medis. Terutama bagi masyarakat yang dinilai punya potensi atau masuk kategori melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

“Jadi mereka itu yang jadi fokus  dari tim medis untuk dilakukan rapid test. Tentu tujuannya untuk memutus mata rantai Covid-19 di kota Tual,” terangnya (BB-OL)