Merasa Terpanggil, Relawan FAHAM Gelar Aksi Pencegahan Virus Corona di SBT

Sejumlah relawan pendukung Fachri Husni Alkatiri melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Bula, Seram Bagian Timur, Rabu (25/03/2020). (FOTO: Istimewa)

BERITABETA.COM, Ambon – Usaha untuk meminimalisir penyebaran virus Corona (COVID-19) di Maluku sudah menjadi tindakan bersama semua elemen masyarakat. Bukan saja di Kota Ambon, aksi serupa juga berlangsung di beberapa kabupaten/kota di Maluku.

Di Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) relawan dan tim sukses bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati SBT, Fachri Husni Alkatiri – Arobi Kelian, bahkan menggelar aksi penyemprotan disinfektan dan pembagian masker secara gratis untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Aksi yang kami lakukan itu, murni merupakan sebuah tindakan ikhtiar dan sukarela, karena merasa terpanggil untuk ikut melakukan pencegahan virus Corona di Kabupaten SBT, khususnya Kota Bula,“ Koordinator relawan Barisan Loyalis Fachri Husni Alkatiri (BALIFHAR), Dulla Wajo kepada beritabeta.com, Sabtu (28/03/2020) mempertegas niat tulus yang mereka lakukan itu.

Menurutnya, kegiatan pencegahan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Bula, Rabu 25 Maret 2020 itu, hanyalah merupakan bentuk keprihatinan dari mereka yang tergabung dalam BALIFHAR, terhadap kondisi yang terjadi saat ini.

“Mungkin orang akan melihat aksi kami dari sisi yang berbeda. Dan itu tidak salah, karena kami tidak melihat keberadaan kami dari sisi politik. Dan masyarakat pun menyambut baik upaya yang kami lakukan. Intinya kami ingin membantu masyarakat untuk terhindar dari virus mematikan itu,” tandas Wajo.

Dullah mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini merupakan bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di SBT.

“Kami juga mengajak warga Bula untuk mematuhi protokol pemerintah terkait pencegahan virus COVID-19, sehingga diharapkan seluruh warga SBT tidak ada yang terkena virus itu,” kata Dulla.

Ia menambahkan, aksi penyemprotan disinfektan rencananya akan dilakukan di seluruh wilayah SBT. Namun, saat ini, kegiatan ini baru dimulai dari Kota Bula.

BACA JUGA:  Ikbal Silaja Lantik Pengurus HIPPMAT

“Kami sementara melakukan persiapan, Insya Allah akan dilanjutkan lagi di beberapa wilayah kecamatan,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan koordinator relawan Aliansi Fachri Alkatiri Arobi Kelian (AFATHAR), Saif Rumau.  AFATHAR yang dipimpin Rumau juga  menggelar aksi dengan membagikan ribuan masker dan sabun antiseptik ke seluruh wilayah SBT. Saat ini, AFATHAR memulainya dari Bula, ibukota SBT.

“Kejadian luar biasa Virus Corona yang saat ini terjadi di negeri ini, merupakan momen bagi kita agar saling bergotong royong dan bersama-sama memutus mata rantai penularan virus yang mematikan itu,” tegas Saif Rumau.

Saif Rumau menegaskan bahwa upaya melawan penyebaran Virus Corona akan terus dilakukan sampai ke seluruh wilayah SBT.

“Kami membuka diri bagi stakeholders terkait untuk turut mencegah penularan Virus Corona di wilayah kita,” ujarnya.

Saif Rumau juga menepis anggapan bahwa kegiatan penyemprotan itu karena ada agenda kepentingan politik menjelang Pilkada di Kabupaten SBT 2020.

“Kami tegaskan bahwa kegiatan ini murni didasari nilai kemanusiaan,” tandasnya. Dan rami relawan anak muda melakukannya tidak tebang pilih, bahkan kami menyemprot disinfektan ke posko-posko kompetitor,” tambah Saif Rumau.

Diketahui, animo kaum muda yang mendukung sosok Fachri Alkatiri begitu besar. Bak jamur di musim hujan, relawan-relawan itu tumbuh hampir di seluruh wilayah Kabupaten SBT (BB-AZ)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire