Gempa Guncang Pulau Seram, Pabrik Kelapa Sawit Rusak Total

BERITABETA.COM, Ambon – Bangunan pabrik kelapa sawit milik PT Nusa Ina Agro Huaulu Manise di Desa Kobi, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, rusak total setelah diguncang gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,4, Sabtu (8/2/2020).

Gempa dilaporkan menguncang wilayah laut Pulau Seram disertai gempa susulan hingga Sabtu 8 Februari 2020 malam, juga membuat mesin dalam pabrik pun ikut roboh jatuh ke lantai.

Warga Desa Kobi, Sahdan Fabanyo mengatakan, gempa sangat kuat selain membuat warga panik berhamburan ke luar rumah, pabrik kepala sawit PT Nusa Ina Agro Huaulu Manise di Dusun Pilihan rusak.

“Iya, tadi saya ke sana untuk pastikan hal itu, memang pabrik kelapa sawit rusak akibat gempa,” ujar Sahdan kepada media ini.

Menurutnya, hingga malam gempa susulan masih dirasakan warga di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan daerah lainnya yang berdekatan dengan pusat gempa.

Selain gempa awal bermagnitudo 5,6 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,4. Hinggga malam gempa sudah terjadi lebih dari 20 kali.

Kepala BPBD Maluku Tengah, Bob Rahmat mengatakan, akibat gempa tadi pabrik kelapa sawit di kecamatan itu mengalami kerusakan.

Sebelumnya, wilayah Laut Seram diguncang gempa bumi tektonik, Sabtu 8 Februari 2020 pukul 15.36 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo 5,6 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 5,4.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.85 LS dan 129.93 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 Km arah Barat Laut Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku pada kedalaman 29 Km (BB-FA)

loading...

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire