BERITABETA.COM, Tual – Seorang purnawirawan Polri, Matheus Leunupun (63), ditemukan tak bernyawa di tepi pantai belakang pasar ikan Tual, Selasa (12/3/2019). Informasi dari Ps Paur Humas Polres Malra, Bripka Husin Jaya Korwaka menyebutkan, Matheus Leunupun ditemukan sekitar pukul 09.00 WIT dan sudah tak bernyawa.

Istrinya tidak mengizinkan korban ke laut   untuk memanah ikan, namun korban tiba-tiba menghilang di kamar. Padahal korban menderita sakit stroke ringan.

Kronologisnya, sekitar pukul 09.00 WIT jasad Matheus ditemukan oleh saksi Sabar Elwuar, anggota Sat Pol PP Kota Tual, yang saat itu bertugas di terminal pasar Dullah.Saksi pergi ke pantai belakang pasar ikan dengan maksud untuk berak, namun belum sampai di tujuan melihat ada sesosok orang terbaring di pesisir pantai dengan posisi tertelungkup.

Saksi langsung kembali ke Terminal Pasar Dullah dan melaporkan apa yang dilihatnya kepada rekan-rekannya Sat Pol PP dan dua anggota Polres Malra yang juga kebetulan berada di pasar.

Setelah itu, saksi bersama rekan-rekan dan dua anggota Polres Malra serta masyarakat setempat langsung ke TKP melihat tubuh Matheus yang sudah tidak bernyawa.Keterangan dari keluarga korban Steven Laipiopa membenarkan ?jasad itu Matheus Leunupun, beralamat USW Sinar Pagi, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual.

“Berdasarkan keterangan keluarga, korban sedang mengalami sakit stroke ringan dan baru sekitar satu bulan berada di kota Tual mengikuti istrinya sekaligus menjalani perawatan,” kata Husin.

Istri korban, Lili Laipiopa-Leunupun menyatakan, hari Senin tanggal 11 Maret 2019 sekitar pukul 15.00 WIT, Matheus pamit mau pergi ke laut untuk memanah ikan, namun ia tidak mengijinkan karena kondisi korban yang sakit. Sesaat kemudian Lili mengecek di kamar, namun korban tidak ada.

Husni menyatakan polisi sudah mengamankan TKP dan mengevakuasi mayat korban ke mobil ambulance, namun mengalami kendala dikarenakan jalan/lorong terjal dan sempit.

Untuk mengevakuasi korban, Kapolsek Dullah Selatan IPDA Edison berkoordinasi dengan pihak Pertamina Tual menggunakan speedboat milik perusahaan itu.

Jasad Matheus pun dievakuasi ke pelabuhan Fery Tual, dimana Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge sudah menunggu kedatangan jasad korban dan ikut membawanya ke RSUD Karel Satsuitubun Langgur menggunakan Ambulance milik Dinkes Kota Tual untuk mendapat penaganan medis.

Berdasarkan visum dokter RSUD Karel Sadsuitubun Langgur Malra, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. (BB-DIAN)