Pangkoosau III : Lanud D. Dumatubun Strategis Amankan ALKI

Pangkoosau III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono, S.I.P. saat menyerahkan Pataka kepada Letkol Pnb Yulianto Nurcahyo sebagai Komandan Lanud D. Dumatubun yang baru menggatikan Letkol Pnb Sonny Irawan, S.E., M.M. di gedung Serba Guna Koopsau III Biak Numfor Papua, Rabu (8/1/2020).

BERITBATA.COM, Biak – Keberadaan Pangkalan Udara (Lanud) Dominicus Dumatubun milik TNI AU, di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) nilai sangat strategis dalam pengamanan wilayah NKRI, terutama Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III.

Selain pengaman sumber daya alam, Lanud milik TNI AU yang ada di bawah kendali Komando Operasi Angkatan Udara ( Koopsau) III juga memiliki posisi strategis untuk menangkal setiap ancaman dan gangguan.

Pengegasan ini disampaikan Pangkoosau III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono, S.I.P. saat melantik Letkol Pnb Yulianto Nurcahyo sebagai Komandan Lanud D. Dumatubun yang baru.

Nurcahyo dilantik menggatikan Letkol Pnb Sonny Irawan, S.E., M.M. yang berlangsung di gedung Serba Guna Koopsau III Biak Numfor Papua, Rabu (8/1/2020).

Dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com, Andyawan menjelaskan, Koopsau III sebagai Kotama Operasi yang baru lahir diharapkan mampu bertindak menangkal berbagai ancaman yang terjadi khususnya di wilayah teritorial Indonesia bagian timur.

“Kita ketahui bahwa keberadaan Lanud D. Dumatubun di Kabupaten Maluku Tenggara juga merupakan kawasan jalur bebas, baik dari laut maupun udara dan daerah ini juga merupakan zona Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengamankan teritorial Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, Koopsau III mempunyai visi dan keinginan akan adanya perubahan ke arah lebih baik. Sementara disisi lain tuntutan dan tantangan tugas yang kita hadapi ke depan semakin dinamis dan komplek.

“Jika kita menjawab tantangan tugas tersebut, maka Koopsau III harus senantiasa berada dalam kondisi siap operasi dalam rangka menghadapi kemungkinan datanganya gangguan yang diperkirakan kapan saja terjadi,” tandasnya.

Sementara upacara pelantikan serah terima jabatan Komandan Lanud D.Dumatubun berlangsung dengan tertib dan dihadiri oleh Pangkosekhanudnas IV, Danlanud Manuhua Biak, Inspektor, para pejabat setingkat Asisten, Pamen Staf Alhli, Danyonko 468 Biak, Dansatrad 242 Biak,  Perwira Bintara, Tamtama dan PNS.

BACA JUGA:  Lantik Kepala Ohoi, Bupati Malra Dituding Tak Paham Perda

Selain itu, juga turut hadir Ketua PIA Ardhya Garini D.III/Koopsau III Ny. Andyawan Martono bersama jajaran dan sejumlah pengurus lainya (BB-OL)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire