Pemkab SBB Bentuk Tim Penanggulangan Virus Corona

Bupati SBB M. Yasin Payapo bersama sejumlah pimpinan OPD dan Forkopimda menggunakan masker usai menggelar rapat pembenmtukan Tim Pengendalian Virus Corona di Kabupaten SBB, Selasa siang (17/03/2020)

BERITABETA.COM, Piru  – Antisipasi terhadap mewabahnya virus corona (Covid-19) di Provinsi Maluku terus dilakukan pemerintah daerah. Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB), ikut menyiapkan Tim Penanggulangan virus corona.

Rapat pembentukan Tim Penanggulangan Virus Corona ini  dipimpin langsung oleh Bupati SBB, Drs. Yasin Payapo dan berlangsung di lantai III Kantor Bupati SBB, Selasa (17/03/2020).

Rapat tersebut melibatkan sejumlah pihak yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekda SBB, Kadis Kesehatan Kabupaten SBB, Deriktur RSUD Kabupaten SBB, Pabung 1502/Msh, Dandramil 1502-07/Piru, Danramil 1502-06/Kairatu, seluruh camat se-Kabupaten SBB, dan beberapa OPD Kabupaten SBB.

Bupati Yasin Payapo mengatakan,  pembentukan Tim Pencegahan Virus Corona bertugas untuk mengawasi dan mengamankan Wilayah Kabupaten SBB dari ancaman penyebaran virus berbahanya ini.

“Tim akan melakukan pemeriksaan pada semua jalur masuk menuju Kabupaten SBB, baik melalui transportasi laut maupun darat. Kami juga melarang ASN Pemkab SBB keluar daerah,” ujarnya.

Semnetara itu, Kapolres SBB, AKBP Bayu Tarida Butar Butar S.I.K, dalam kesempatan itu mengatakan pihak kepolisan siap mendukung semua kebijakan yang dijalankan  Pemkab SBB dalam upaya mencegah masuknya virus corona di Kabupaten SBB.

“Polres juga akan melaksanakan pelatihan kepada anggota polisi terkait penyemprotan antivirus corona. Dan apabila penyebaran berita hoaks, juga segera laporkan kepada pihak kepolisian,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Dandim 1502/ Masohi, Letkol Inf. Wahyu Nugroho. Di hadapan peserta rapat,  Damdim menyampaikan pada prinsipnya pihak TNI akan membantu Pemkab SBB untuk mencegah masuknya virus corona dengan malaksanakan perintah pimpinan.

“Kita siap untuk ikut serta berupaya memutus mata rantai penularan virus corona dengan melakukan  edukasi atau perubahan kegitan yang bersifat mengumpulkan massa, dan bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi -sosialisasi ke sekolah-sekolah atau pemukiman masyarakat yang padat penduduknya,” ungkapnya.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pemda SBB, dr. Yohanes Tapang, juga mengatakan Dinas Kesehatan telah menyiapkan 20 alat pendeteksi suhu tubuh. Selain itu, pihaknya juga telah memasang seruan dalam bentuk baleho tentang  sosialisasi virus corona di pintu-pintu masuk baik jalur  laut maupun darat.

“Kita akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap semua orang yang masuk ke Kabupaten SBB,” akuinya.

Sedangkan kata, Derektur RSUD Kabupaten SBB, Dr. Johan Selano, menegaskan RSUD Piru juga telah menyiapkan tenaga dokter dan fasilitas ruang isolasi. Serta, telah mendatangkan alat  Thermal Scanner bekerjasama dengan BPBD untuk mekanisme tindakan pencegahan virus corona (BB- Anwar Tiha)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire