BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Provinsi Maluku kini menyiapkan fasilitas transportasi gratis jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 bagi masyarakat yang hendak pulang kampung.

Program ini mulai dilakukan dengan membuka pendaftaran  calon penumpang, sejak  12 – 15 Desember,  melalui Dinas Perhubungan.

“Masyarakat yang ingin mudik gratis, bisa daftar mulai hari ini sampai tanggal 15 Desember, lokasinya di Dinas Perhubungan, sedangkan kapal cepat di pelabuhan Tulehu,”ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Angki Papilaya dalam konfrensi pers, Selasa (11/12/2018).

Dikatakan, ada tiga kapal perintis yang disiapkan,  KM. Sabuk Nusantara 87 , KM Sabuk Nusantata 103 dan KM Sabuk Nusantara 106, dengan tujuan Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

“KM Sabuk Nusantara 106  akan berangkat pada  16 Desember menuju ke Larat (MTB),  KM Sabuk Nusantara  pada 17 Desember, dan  Sabuk Nusantara 103 menuju  MTB dan MBD. Sedangkan  Sabuk Nusantara 87,  sesuai jadwal pada tanggal 20 menuju MBD,”jelasnya.

Papilaya juga mengungkapkan,   kapal cepat Cantika 99  juga akan disiapkan, melayari rute    Tulehu menuju Saparua,  pada 18, 19, 20 dan 21 Desember. Sedangkan Kapal cepat Express Prissilia 88  rute Tulehu-Amahai, berangkat pada  19 Desember.

Sementara itu,  untuk angkutan penyebrangan fery, Hunimua – Waipirit,   diakuinya akan berlangsung  satu hari,  pada 21 Desember.

“Lima armada kapal fery akan beroperasi dari pukul 06.00 sampai malam, semua masyarakat yang naik gratis. Sedangkan untuk lintasan Waay-Haruku-Saparua-Amahai menggunakan KM. Samandar, pada tanggal  21 Desember,”ungkapnya.

Papilaya juga mengingatkan masyarakat  yang ingin mendaftar,  untuk membawa KTP atau SIM maupun kartu pelajar. “Dalam program ini kita prioritas  untuk masyarakat beragama Kristen yang akan merayakam Natal,”tuturnya. (BB-DIA)