BERITABETA.COM, Saumlaki –   Pesawat C-130 Hercules dengan registrasi A-1335 dari Skadron Udara 32, Wing Udara 2, Lanud Abdurrachman Saleh berhasil mendarat di Bandara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pendaratan pesawat Hercules pada, Selasa (1/12/2020) ini menjadi momentum bersejarah bagi warga Saumlaki, karena misi pendaratan C-130 Hercules di Bandara Mathilda Batlayeri ini adalah test landing dalam rangka kepentingan pertahanan nasional.

Selain itu,  yang dipimpin oleh Mayor Pnb Bandung itu juga sekaligus untuk memastikan kesiapan landasan pacu Bandara Mathilda Batlayeri untuk didarati pesawat berbadan lebar.

Pantauan beritabeta.com di Saumlaki, pendaratan pertama kali pesawat ini, disaksikan oleh Komandan Satrad 245 Saumlaki, Letkol Lek Fusi Arizona bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepualauan Tanimbar.

Komandan Satrad 245 Saumlaki, Letkol Lek Fusi Arizona bersama kru Pesawat Hercules C-130 yang dipimpin Mayor Pnb Bandung berpose di Bandara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Saat mendekati landasan pacu, pesawat tak langsung mendarat, melainkan mengitari area bandara. Setelah itu, pesawat kembali ke arah timur, dan secara perlahan turun ke landasan diakhiri dengan pendaratan mulus di Bandara Mathilda Batlayeri.

Mayor Pnb Bandung mengatakan, posisi Kabupaten Kepulauan Tanimbar secara nasional sangat strategis di mana memiliki berbagai potensi sumber daya alam.

Momen ini, kata dia, dipastikan sebagai sejarah pertama kalinya pesawat Hercules mendarat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh kru pesawat dan terutama warga Saumlaki, mengingat transportasi ke kabupaten ini dapat dikatakan cukup terbatas.

“Kedepannya kita harapkan ada penerbangan-penerbangan berikutnya dari TNI AU yang melewati Bandara Mathilda Batlayeri, baik latihan maupun operasi dalam rangka melaksanakan tugas TNI AU sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar” tandas Letkol Lek Fusi Arizona (BB-LS )