Rakib Sahubawa Dilantik Menjadi Sekda Malteng

Rakib Sahubawa Dilantik Menjadi Sekda Malteng
Bupati Maluku Tengah H. Tuasikal Abua, SH saat melantik Dr. Rakib Sahubawa, S.Pi. M.Si, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Tengah, Senin (1/7/2019).

BERITABETA.COM, Masohi – Dr. Rakib Sahubawa, S.Pi. M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas (PLT)  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dilantik menjadi Sekda definitive, Senin (1/7/2019).

Sahubawa dilantik oleh Bupati Malteng H. Tuasikal Abua SH,  berdasarkan Surat Keputusan Nomor 821.2/34-SK/VI tahun 2019, tentang jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda Malteng. Pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan ini dilaksanakan di Operation Room Lantai Tiga Kantor Bupati Malteng.

Sahubawa sebelumnya mengikuti seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda Malteng pada januari 2019 lalu. Selain Sahubawa empat Pegawai Negeri Sipil (PNS) lainnya juga mengikuti seleksi terbuka ini. Mereka adalah, DR. Aidjarang Wattiheluw, Abdulatif Ohorela, Ahmad Namakule, serta Ronald Johosua Hetharia.

Bupati Tuasikal Abua dalam sambutannya usai melantik Sahubawa mengamanatkan bahwa,  jabatan tanggungjawab yang dibebankan kepada seorang pejabat, harus dijalankan sesuai amanah dan kepercayaan dengan bersikap profesional.

“Saya berharap, pelantikan ini akan menciptakan sebuah kondisi yang memberikan suport kinerja yang optimal, dalam menentukan agenda program Pemkab Malteng untuk mewujudkan Malteng yang maju dan bermartabat, serta mewujutkan daerah Pamahanunusa sebagai jendela timur,” tandas Bupati.

Pelantikan Sahubawa menjadi Sekda devenitif,  kata Tuasikal, telah melewati berbagai pertimbangan yang matang. Baik dari aspek kepegawaian dan berbagai teknis serta melewati seleksi terbuka dan verifikasi Aparatur Sipil Negara.

“Saya ingatkan sumpah jabatan yang baru saja saudara ucapkan tadi hendaknya dimaknai sebagai amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Karena di dalamnya terdapat tanggung jawab  yang luas dan berat kepada organisasi dan personil pada unit kerja Sekretariat Daerah, kepada masyarakat serta daerah ini, dan terutama kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pesan Tuasikal.

Tuasikal menegaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekda  merupakan amanat konstitusi yang dimaksudkan untuk menjamin kelancaran dan keberlangsungan roda pemerintahan di Malteng.

“Mulai hari ini dan seterusnya saudara Sekda akan menjalankan amanah dan kepercayaan yang diberikan.  Sikap profesional dengan cara menjalankan tugas, fungsi, dan tanggung jawab jabatan dengan sebaik-baiknya serta terus memberi kontribusi terhadap efektivitas organisasi adalah harapan kita bersama kedepan,” tandasnya.

Tuasikal berharap, kinerja optimal Sahubawa dalam melanjutkan tugas-tugas yang telah dijalankan selama ini selaku Plt. Sekda, agar dapat dilanjutkan dengan menjalankan agenda dan program kegiatan pemerintah daerah  bersama semua komponen.

“Saya berharap berbagai prestasi dan kesuksesan yang telah dicapai selama ini baik dalam pengelolaan keuangan, inovasi, dan kinerja pemerintah daerah kiranya terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi,” harapnya.

Selain itu Tuasikal juga berharap kepada Sahubawa, agar selalu menjaga sinergisitas dan koordinasi yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah, dengan instansi vertikal, TNI dan  Polri  serta berbagai pihak.

“Saya percaya bahwa dengan kemampuan yang saudara miliki, tentunya akan relatif mudah bagi saudara menjalankan tugas selaku Sekda kedepan,” tandas Tuasikal. (BB-FA)

Close Menu