Ramli Umasugi Sampaikan Lima Instruksi Presiden Kepada Polri

Ramli Umasugi Sampaikan Lima Instruksi Presiden Kepada Polri
Bupati Buru Ramly Ibrahim Umasugi, SPI, MM didampingi dari kanan Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati bersama Dandim 1506 Namlea Letkol Inf. Syarifuddin Azis dan Waka Polres Kompol Backri Hehanussa saat memegang kue usai peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di Kota Namlea, Rabu (10/7/2019)

BERITABETA.COM,  Namlea –  Presiden Joko Widodo memberikan lima instruksi kepada Kepolisian RI (Polri) dalam upacara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara Tahun 2019 yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia , pada Rabu pagi (10/7).

Peringatan HUT ke-73 Bhayangkara tahun 2019 ini turut diperingati jajaran Polres Pulau Buru. Bertindak sebagai irup, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi SPI MM dan ia turut membacakan amanat tertulis Presiden RI, Joko Widodo.

Mengawali sambutan , Ramly selaku inspektur upacara (irup) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri yang telah bekerja menjaga keamanan dan ketertiban nasional.

Melanjutkan amanat tertulis itu,  Presiden Jokowi mengatakan, kalau Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, yaitu Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

Kendati demikian, Presiden melihat Polri masih memiliki banyak tantangan di masa depan.”Maka mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas,” kata Presiden dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan bupati di hadapan peserta upacara.

Pertama, Presiden berpesan agar Polri terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks.

Kedua, Presiden meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis.

“Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat,” kata Jokowi dalam sambutannya ini.

Keempat, Presiden Jokowi juga meminta Polri terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

“Terakhir, perkuat koordinasi dengan  TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial,” pesan Jokowi.

Upacara HUT ke-73 itu dilanjutkan dengan syukuran yang diwarnai pemotongan tumpeng oleh salah satu purnawirawan Polri yang kemudian diberikan kepada Kapolres Pulau Buru, AKBP Ricky Purnama Kertapati.

Dandim 1506/Namlea,Letkol Inf Syarifuddin Azis SAG MIPOL juga memberikan kejutan ultah dengan menyerahkan kue peringatan HUT ke 73 kepada Kapolres dan wakilnya, Kompol Backhrye Hehanussa.

Peringatan yang dipusatkan di lapangan Pattimura Namlea ini selain dihadiri jajaran polres , juga melibatkan pernonil TNI AD, Satpol PP dan Pramuka.

Bupati Buru, juga ikut mengucapkan selamat HUT ke 73 dan memuji sinergitas aparat kepolisian bersama TNI dan Pemkab serta masyarakat di Kabupaten Buru yang berjalan sangat harmonis, yang mampu memberikan perlindungan dan rasa aman bagi seluruh komponen di daerah itu sehingga pembangunan berjalan aman dan lancar.(BB-DUL)

Close Menu