BERITABETA.COM, Namlea – Belasan warga di Kota Namlaea, Kabupaten Buru dikenai sanksi berupa menyapu jalanan akibat terjaring melanggar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, Senin (26/10/2020).

Para pelanggar protocol kesehatan ini,  terjaring dalam operasi yustisi karena tidak memakai masker saat berada di luar rumah.

Sanksi kerja sosial ini dilakukan mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Buru Nomor 27 Tahun 2020, tanggal 18 Agustus 2020, tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Buru.

Kegiatan razia berlangsung di sejumlah titik, di antaranya, depan Pos Polantas di kawasan Simpang Lima, Kota  Namlea pada sore hari.

Petugas yang melakukan razia mendapati banyak pelanggar karena tidak mengenakan masker saat berkendara.

Pantauan media ini, para pelanggar mendapatkan sanksi sosial menyapu trotoar dan jalan dengan mengenakan rompi khusus berwarna orange oleh petugas gabungan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Buru,  Karim Wamnebo,  menyatakan semua daerah sudah memiliki peraturan kepala daerah soal penerapan protokol kesehatan.

Di Kabupaten Buru, TNI-Polri Satpol PP adalah tiga pilar  di garis terdepan untuk penegakan operasi.

“Sesuai Perbup kita memang ada teguran lisan, teguran tertulis, kemudian ada sanksi sosial dan sanksi sosial ini beberapa kali kita terapkan kita sesuaikan dengan situasi “jelas Katim Wamnebo.

Apabila menemukan orang yang sudah uzur, kata dia aparat gabungan hanya memberikan imbauan, berikan pengertian kepada mereka terkait  pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Kalau ada pelanggar yang sudah tua, mereka tidak dijatuhi sanksi sapu jalan, hanya pembinaan saja,” tandas dia.

Wamnebo mengaku, dalam operasi kali ini, banyak terjaring pelanggar yang tidak menggunakan masker dari kalangan orang dewasa. Ada pria dan juga wanita.

Ada pelajar SMA tadi juga kedapatan tidak pakai masker. Namun hanya dibetikan teguran lisan,  karena baru satu kali melakukan pelanggaran.

“Paling banyak beralasan lupa bawa masker dan ada juga yang alasannya kalau dia berkendara pakai helm tutup dia tidak menggunakan masker,” ujar Karim Wamnebo yang memastikan Operasi Yustisi ini akan dilakukan secara rutin (BBDUL)