BERITABETA.COM, Namlea – Diduga keracunan kopi, satu perempuan dan tujuh laki-laki asal Desa Karang jaya, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Maluku, dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Lala pada, Sabtu pagi (11/4/2020), pukul 09.00 WIT, karena pusing dan mual-mual usai minum kopi.

Kasubbag Humas Polres Pulau Buru, Ipda Zulkifli Asri kepada beritabeta.com menjelaskan, para korban ini keracunan diduga dari air kopi yang diminum.

Mereka mengkonsumsi kopi di tempat pengolahan ketel kayu putih, Pohon Mangga, milik Fery Tanaya yang berlokasi di Desa Ubung, Kecamatan Liliyali, pukul 09.00 wit, Sabtu lalu (11/4/2020).

Delapan korban yang keracunan usai seruput kopi itu antara lain,  La Seni, La Roni, La Jeni, La Odo, La Ono, La rafli, La Ami dan Wa Nima.

“Para korban sudah dibawa dan dirawat ke RSU Lala  untuk mendapatkan perawatan dari pihak medis dan sudah dipulangkan untuk istirahat di rumah Masing-masing, karena kondisi mereka tidak terlalu membahayakan,”ungkap Ipda Zulkifli, Minggu (12/4/2020).

Ipda Zulkifli menambahkan,  guna menelusuri penyebab sampai ke delapan orang ini keracunan, sampel air minum dan kopi sudah diamankan pihak kepolisian dari TKP Ketel Pohon Mangga.

Langkah lain yang telah diambil kepolisian, menerima laporan, dan turun ke TKP, melakukan olah TKP  dengan identifikasi, membuat visum serta meminta keterangan dari pelapor.

“Dugaan tim penyidik, karena kelalaiannya seseorang menyebabkan air minum itu kemasukan sesuatu benda asing dan dipakai bersama sama dengan orang lain, sehingga air itu berbahaya bagi jiwa  dan kesehatan orang lain” pungkas Ipda Zulkifli.(BB-DUL)