BERITABETA.COM, Saumlaki – Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi, Msc melakukan kunjungan kanonik di Paroki Asumta Alusi, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kunjungan kanonik di Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini berlangsung selama tiga hari di beberapa paroki dan berakhir di Paroki Asumta Alusi dengan memberikan Sakramen Krisma kepada 529 anak yang berada di paroki tersebut, Minggu (8//11/2020).

Dalam kesempatan itu,  Uskup Diosis Amboina kepada media ini mengaku ikut merasakan suka cita dan kegembiraan dengan adanya Sakramen Krisma yang dilakukan itu.

“Semoga membawa banyak berkat bukan hanya untuk mereka yang menerima Sakramen Krisma, tapi juga berkat untuk semua umat. Karna Sakramen Krisma berarti turunnya Roh Kudus, berarti Roh Tuhan meliputi seluruh umat,” ungkapnya.

Dengan demikian, kata Uskup,  dengan adanya Roh Tuhan itu membuat suka cita dan kegembiraan.

“Tentu saja dengan kunjungan saya saat ini,  ada hal – hal yang mesti di perbaiki.  Terlebih di zaman sekarang sering sekali orang berpolitik tapi lebih diwarnai dengan  dusta – dusta, akhirnya politik bukan dipakai sebagai pelayanan tetapi politik itu dipakai sebagai kepentingan diri sendiri. Sebagai Uskup saya ikut memperhatikan dan saya berharap ada perubahan nantinya,” urai Uskup.

Dalam kunjungan tersebut,  Uskup didampingi oleh Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon beserta Bunda PAUD,  Joice Fatlolon dan para pimpinan SKPD terknis setempat.

Menanggapi kunjungan ini, Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon menyampaikan aspirasinya terhadap kunjungan rombongan Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius.

Bupati Fatlolan mengaku, kagum dengan sikap keteguhan hati Uskup meskipun di usia yang sudah 70 tahun beliau masih enerjik berkunjung ke Tanimbar selama  tiga hari, dalam rangka memberikan Sakramen Krisma kepada seribu orang lebih di beberapa paroki yang ada di  kabupaten.

“Ini harus diberikan  apresiasi. Atas nama Pemerintah Daerah kami menyampaikan terima kasih,” tandas Bupati.

Bupati juga menambahkan, terdapat beberapa makna penting dalam kunjungan Uskup  Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius  yang harus dipetik yaitu,  disiplin waktu yang begitu ketat dan komitmen yang kuat dalam menyelesaikan semua tugas.

“Hal ini patut kita tiru dan contohi dari kunjungan dan kegiatan ini,” ungkap Bupati Fatlolan.

Setelah mengakhiri kunjungan kanonik di Paroki Asumta Alusi, Uskup bersama Bupati dan rombongan melanjutkan perjalanan kembali ibu kota kabupaten (BB-SL)