BERITABETA.COM, Masohi – Yulia Awayakuane kembali dilantik oleh Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua menjadi kepala pemerintahan Negeri Tananahu, Kecamatan Teluk Elpaputih,  Malteng, Rabu (30/10/19).

Bupati Abua Tuasikal dalam sambutannya mengatakan, pelantikan Yulia merupakan manivestasi dari tata kelola pemerintahan, khususnya menyangkut pemerintahan negeri yang ada di Kabupaten Malteng. Ini sekaligus meneguhkan eksistensi Negeri Tananahu sebagai salah satu negeri adat di kabupaten yang bertajuk Pamahanunusa ini.

“Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Saudari Yulia Awayakuane, SIP sebagai Kepala Pemerintah Negeri Tananahu, sebagai bentuk apresiasi karena telah melakukan tata kelola pemerintahan yang baik di Negeri Tananahu,” ungkapnya.

Selain proses pengukuhan dan  pelantikan Kepala Pemerintahan Negeri Tananahu, juga telah dilakukan pengukuhan pemberian gelar adat kepada mantan Kajari  Malteng Robinson Sitorus sebagai sesepuh adat Negeri Tananahu.

“Atas nama pribadi dan Pemkab Malteng, saya juga turut memberikan apresiasi atas terlaksananya pengukuhan ini karena telah mencerminkan komitmen masyarakat dan pemerintah negeri dalam upaya menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat istiadat dan budaya kearifan lokal Negeri Tananahu,” terang Tuasikal.

Tuasikal meminta, kepada kepala penerintahan negeri, agar dalam menyikapi berbagai tuntutan dan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan negeri, khususnya harapan dan tuntuta masyarakat yang semakin keras disuarakan dalam memberikan pelayanan publik.

“Saya minta agar pelaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan lebih baik lagi. Sebagai Kepala Pamerintah Negeri Tananahu, saudari  mempunyai tanggung jawab besar dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan negeri,” pintahnya

Tuasikal juga mengajak semua pihak, untuk selalu bekerjasama, bergandeng tangan dan bahu membahu, menjaga keamanan dan ketertiban serta terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan.

“Mari melayani masyarakat dengan tulus dan penuh keikhlasan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan, demi mewujudkan Maluku Tengah yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara,” pinta Tuasikal. (BB-FA)