BERITABETA.COM, Ambon – Mendorong pemerintah dalam mengembangkan parawisata di daerah ‘Seribu Pulau’, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku, menggelar gowes sinergitas. Kegiatan yang dipusatkan di Kabupaten Seram Bagian Barat ini mengambil rute Pelabuhan Waipirit hingga Pulau Osi dengan jarak tempuh sekitar 87 kilo meter.

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Royke Lomowa mengatakan, kegiatan ini dilakukan selain untuk mendukung pemerintah mempromisikan pariwisata, juga untuk mempererat sinergitas TNI/Polri, sekaligus menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-73, yang jatuh pada 1 Juli nanti.

“Selain mempererat sinergitas di antara TNI/Polri, gowes ini juga dimaksudkan untuk mendorong promosi wisata, salah satunya Pulau Osi. Kami juga ingin semarakkan HUT Bhayangkara,” kata Royke kepada wartawan, Minggu (23/6/2019).

Dia mengatakan, Maluku kaya akan wisata tapi banyak pihak belum mengetahuinya, sehingga Polda Maluku ingin mendorongnya dengan menggelar gowes. Gowes sendiri, kata Royke, merupakan olahraga sangat sederhana dan murah, serta memiliki banyak peminat terutama masyarakat.

“Gowes banyak diminati masyarakat dan sejumlah kalangan. Nah di situlah, cara tepat dan cepat kita promosikan parawisata di Maluku,” ujar Jenderal bintang dua ini.

Peserta dalam kegiatan ini, rinci Royke, sebanyak 100 orang. Ikut dilibatkan juga 40 personil TNI dari satuan Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Para anggota TNI dipimpin langsung Kasdam XVI Pattimura, Brigjen TNI. Asep Setia Gunawan.

Selain itu terdapat 10 orang anggota masyarakat. Dari 10 orang ini, terlibat pula goweser nasional. “Sehingga tidak sia-sia untuk kita promosikan daerah ini,” katanya.

Untuk mendorong pembangunan di daerah ini, Kapolda bersama jajarannya akan terus melakukan gowes di seluruh Maluku. Sebelumnya juga dilakukan di sejumlah daerah.

“Mungkin Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara dan Pulau Aru yang belum. Tapi kedepannya, kita juga akan buat, biar orang-orang dan wisatawan luar bisa mengenal lebih dekat daerah ini,” katanya.

Sementara Kasdam XVI Pattimura, menjelaskan gowes merupakan olahraga murah meriah tapi sangat menyehatkan. Untuk itu pihaknya juga ikut mendukung Polda dan Pemerintah agar sama-sama mendorong Maluku.

Dia mengatakan, 87 kilo meter merupakan jarak yang cukup bagus untuk geoser. Kata dia, medannya sangat bagus karena ada tanjakan dan turunan yang cukup menantang.

“Medannya cukup baik dan tentu sangat menyehatkan. Sisi lain, kita bisa langsung menuju lokasi wisata,” ujar dia.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Moh Roem Ohoirat menjelaskan, geos yang dilakukan di Seram Bagian Barat, di akhiri dengan bakti sosial seperti pengobatan dan pemeriksaan gratis kepada masyarakat, di Pulau Osi.

“Kita juga lakukan penanaman puluhan anakan mangrove serta penyerahan bantuan kepada masyarakat berupa alat olahraga,” tutup Ohoirat.(BB-NA)