Setelah Mengungsi, Defender Timnas U-16 Terbaring Lemas di RST

Setelah Mengungsi, Defender Timnas U-16 Terbaring Lemas di RST
PSSI mengunggah sebuah foto dan ucapan dukungan buat Alfin. Dalam keterangannya, Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Maluku, Sopyan Lestaluhu, yang tengah menjenguk Alfin yang tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon. (FOTO : Instagram PSSI)

BERITABETA.COM, Ambon – Setelah sempat mengungsi bersama keluarga di lokasi pengungsian kawasan Darussalam, Negeri Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), punggawa Timnas Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu kini terbaring lemas di Rumah Sakit Tentara (RST)  Ambon, Maluku.

Kabar tak sedap ini berhasil disadur beritabeta.com, Rabu malam (2/10/2019) dari akun Instagram resmi PSSI yang menyebut defender armada Garuda Muda  telah menjalani perawatan di RST. Alfin Lestaluhu, bersama keluarga juga menjadi korban gempa di Ambon yang terjadi Kamis 26 September 2019 WIT lalu.

Akun Instagram PSSI mengunggah sebuah foto dan ucapan dukungan buat Alfin. Dalam keterangannya, PSSI menyebut bahwa saat ini Alfin tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon.

Foto yang yang diunggah itu, juga tampak Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Maluku, Sopyan Lestaluhu, yang tengah menjenguk Alfin.

Ucapan sang pelatih Bima Sakti pekan lalu kepada Alfin Lestaluhu

“Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Maluku, Sopyan Lestaluhu, menjenguk pemain Timnas U-16, Alfin Lestaluhu, yang saat ini dirawat di RST Ambon. Alfin merupakan salah satu korban gempa bumi yang terjadi di sekitar wilayah Maluku dan Ambon beberapa waktu lalu. Lekas pulih dan segera merumput kembali, Alfin!” bunyi pernyataan PSSI di Instagram.

Alfin merupakan salah satu pemain andalan Bima Sakti Tukiman di ajang kualifikasi Piala Asia U-16, yang digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada pertengahan September 2019.  Alfin ikut membawa Timnas U-16 lolos ke putaran final Piala Asia U-20, dengan status runner-up terbaik.

Saat Timnas Indonesia  U-16 membatai Filipina 4-0, pemain asal Negeri Tulehu ini mencetak satu gol pada laga yang digelar 16 Septeber 2019. Alfin saat itu mencetak gol ketiga buat Timnas U-16, pada menit 52.

Dukungan terhadap Alfin juga disampaikan Bima kepada salah satu pemain andalannya itu. Lewat akun Instagram pribadinya, mantan asisten Luis Milla Aspas di Timnas U-23 ini mendoakan Alfin untuk segera pulih dan bisa kembali ke lapangan.

“Tetap kuat Alfin, seperti kekuatanmu serta pengorbananmu untuk mengejar cita – citamu menjadi pemain timnas, seperti karaktermu yang selalu kau tunjukkan didalam lapangan, yang tak kenal lelah dan kompromi mengahalau menghadang semua serangan lawan dalam setiap pertandingan. Ayo anak muda… bangkit dan semangat.

Terimakasih kepada bapak Erwin Syahril Al Thaib Lestaluhu beserta ibu yang telah mendidik Alfin, dia anak baik, sopan, rajin beribadah dan satu lagi suara Azannya merdu sekali…luar biasa, semoga lekas sembuh buat Alfin,” tulis Bima di Instagram.

Hingga berita ini dipublis belum diketahui dengan jelas penyebab sakitnya Alfin Lestaluhu ini. Namun, sebelumnya telah diberitakan pengungsi korban gempa bumi di Ambon, Maluku mulai terserang penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan hipertensi.

“Hasil pemeriksaan petugas kesehatan paling banyak keluhan warga baik anak-anak maupun orang dewasa terserang ISPA dan hipertensi karena ketakutan akan terjadinya gempa susulan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, di Ambon, Sabtu, 28 September 2019.

Dijelaskan penyebab pengungsi diserang penyakit karena lingkungan yang kurang bersih, minimnya air bersih, dan fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) yang kurang memadai di lokasi pengungsian.

“Sedangkan penyakit hipertensi terjadi karena warga terganggu informasi hoaks akan terjadinya tsunami,” jelasnya. (BB-DIO)

Close Menu