BERITABETA.COM, Ambon – M Ishak Rianjar,  pecatur muda asal Maluku, akhirnya lolos menuju ke PON XX/2020-Papua. Rainjar lolos setelah menang  di babak 7 babak yang dipertandingkan pada Play Off Pra PON Catur Kategori Perorangan Putra yang berlangsung di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (25/11/2019).

Ishak Rianjar menempati peringkat 2 dengan megantongi 4,5 poin. Pada pertandingan babak 6 yang berlangsung Senin (25/11/2019), Ishak Rianjar ditahan remis oleh Kahfi Maulana (DI Yogyakarta).

Saat ini Kahfi Maulani menempati peringkat 1 dari 8 pecatur peserta  Playf Off Pra PON Catur Kategori Perorangan Putra.

Sebelumnya pada babak 1, Ishak Rianjar kalah dari Master Fide (MF) Khairul Anam (Jawa Timur), selanjutnya pada babak 2 menang atas MN Adhi Margana Rahmatullah (Lampung), babak 3 menang WO atas Eri Purnomo (Bengkulu), babak 4 menang atas Abu Ali (Kalimantan Selatan), babak 5 menang atas Andi Balladho Aspat Colle (Sulawesi Tenggara) dan babak 6 ditahan remis oleh Kahfi Maulana (DI Yogyakarta).

Wakil Sekretaris Pengurus Porvinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Maluku, Mustafa Kamal kepada beritabeta.com, Selasa (26/11/2019) mengatakan, Rianjar lolos setelah di babak 7 mampu  menaklukan MN Arief Rahman asal Kalimantan Barat,Senin ( 25/11/2019).

“Rianjar menang pada pertandingan terakhir di babak 7, dan lolos ke PON XX/2020-Papua, karena sesuai ketentuan hanya pecatur yang menempati peringkat 1 dan 2 masing-masing di play off yang berhak tampil di PON,” katanya.

Mustafa yang juga ayah dari Rianjar mengaku bangga atas prestasi yang diraih anaknya itu. Pasalnya, dalam sejarah Percasi Maluku baru kali ini ada pecatur Maluku yang berhasil lolos ke PON.

“Kita berharap, kedepan prestasi Rianjar makin meningkat terutama di ajang PON mendatang,” tandasnya (BB-DIO)