M Rianjar, Pecatur Maluku yang Menampati Posisi 4 di Kategori Senior Terbuka

Pecatur asal Maluku, M. Ishak Rianjar (kiri ) saat bertanding melawan Master Nasional Pitra Andika pada kategori Senior Terbuka Kejurnas Catur ke-48 yang berlangsung di Islamic Center, Ambon, Maluku, Selasa (29/10/2019).

BERITABETA.COM, Ambon – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-48, yang berlangsung di Islamic Center, Ambon, Maluku kembali menempatkan pecatur asal Maluku, Master Nasional (MN) M. Ishak Rianjar di posisi membanggakan.

Pecatur muda kelahiran 24 Desember 1996 ini,  berhasil melejit ke posisi 4 kategori senior terbuka di Kejurnas Catur ke-48 yang berlangsung di Islamic Center, Ambon, Maluku,  Selasa (29/10/2019).

Di babak ke -5 dari 8 babak yang dipertandingkan, MN M. Ishak Rianjar yang bertanding di kategori senior terbuka berhasil menempati peringkat 4 dari 70 peserta. Sebelumnya, di  babak 4 berakhir, Ishak Rianjar masih berada di peringkat 9 dari 70 peserta. Ia juga sempat melorot ke peringkat 13.

Kini posisi pecatur berusia 23 tahun itu, meroket di posisi 4 besar setelah pada babak 5 Rianjar berhasil menaklukan pecatur Asrul Amirudin dari Sulawesi Selatan.

Sementara empat di posisi peringkat 3 teratas ditempati pecatur FM Catur Adi Sagita, FM Pitra Andika dan  FM Muhammad Agus Kurniawan yang masing-masing mengantongi 4,5 poin.

Pecatur Maluku lainnya Amryn Aliy juga menempati peringkat 13 dan Yusuf Burita di peringkat 15. Keduanya sama-sama mengantongi 3,5 poin. Sementara sejumlah pecatur Maluku yang mengikuti kategori ini berada di luar peringkat 20 besar.

Di kategori veteran,  peringkat pecatur Maluku melorot.  Yunus S menempati peringkat 9 dari 18 pecatur yang mengikuti kategori ini. Rekannya Anwar Parry di peringkat 10 dan Hendro Sarwoko di posisi juru kunci.

Di kategori Junior Terbuka C U15, Chelsico Talle menempati peringkat 12 dari 20 peserta, Dewa Wattimena di peringkat 17, M Rafiz Algafi di peringkat 18 dan Michael JV Pentung di peringkat 20.

Di kategori Junior Terbuka E U13, pecatur Maluku Ilo Wattimena berada di  peringkat 15 dari 19 pecatur, sementara M Rafa berada di posisi juru kunci.

Satu-satunya pecatur putri Maluku yang mengikuti kategori Junior Putri B U17, Marissa Talle, masih berada peringkat 9 dari 17 peserta di akhir babak 5. Ia kini telah mengantongi 2,5 poin.

Diantara 268 pecatur dari 28 provinsi yang ikut serta, Pengprov Percasi Maluku mengikutsertakan 32 pecatur. Kejurnas yang akan berlangsung hingga 30 Oktober tersebut mempertandingkan 16 nomor atau kategori.

Mulai  dari Kategori Terbuka (tanpa batasan usia), Kategori Wanita (tanpa batasan usia), Junior A Terbuka/Putri U19 (kelahiran tahun 2000 dan sesudahnya), Junior B Terbuka/Putri U17 (kelahiran tahun 2002 dan sesudahnya), Junior C Terbuka/Putri U15 (kelahiran tahun 2004 dan sesudahnya).

Kemudian,  Junior D Terbuka/Putri U13 (kelahiran tahun 2006 dan sesudahnya), Junior E Terbuka/Putri U11 (kelahiran tahun 2008 dan sesudahnya), Junior F Terbuka/Putri  U9 (kelahiran tahun 2010 dan sesudahnya), Junior G Terbuka U7 (kelahiran tahun 2012 dan sesudahnya) serta Kategori Veteran U55 (kelahiran tahun 1964 dan sebelumnya).

Karir M. Ishak Rianjar

M Ishak Rianjar merupakan pecatur  muda yang memulai karirnya sejak berusia 3 tahun. Anak kedua dari pasangan dari  Mustafa Kamal-Rahima Fatalay ini, mulai masuk arena turnamen nasional sejak duduk di bangku SD kelas 5.

Aksinya memainkan pion-pion catur pernah membuat kagum membuat Grand Master (GM) Utut Adiyanto, ketika berlaga di Pekan Olahraga Tingkat Sekolah Dasar (Pornas) di Jakrata tahun 2007 silam.

Pecatur yang akrab disapa Onyong ini pernah mewakili sekolah asalnya di turnamen catur yang digelar Kantor PLN Wilayah Maluku-Maluku Utara. Dan berhasil meraih juara 3 di tahun 2006.

Prestasinya sebagai pecatur junior terus naik. Di tahun yang sama pula, Onyong kemudian mengikuti seleksi Pornas tingkat SD se –Maluku. Ia juga pernah mewakili Kantor PLN Wilayah Maluku-Maluku Utara dalam turnamen catur PLN tingkat nasional.

Di turnamen yang berlangsung September 2007 itu, Onyong berhasil meraih juara satu tingkat pelajar SD se-Indonesia. Kemudian juga meraih peringkat lima kejuaraan Asia yang digelar di Hotel Century Park, Jakarta. (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire