BERITABETA, Masohi – Dinas Pariwisata Pemuda dan  Olahraga (Dispora),  Kabupaten  Maluku Tengah (Malteng) bersama Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Malteng, pekan depan akan menggelar Kompetisi Sepak Bola U-19.  Kompetisi yang akan dihelat pada tanggal 15 sampai dengan 31 Oktober 2018 itu, akan melibatkan sebanyak 18 club sepak bola yang merupakan perwakilan dari 18 kecamatan di Kabupaten Malteng.

Demikian rilis yang disampaikan Sekretaris Panitia Peleksana dari Askab PSSI Malteng, Ghali Hattala kepada beritabeta.com, Sabtu (13/10/2018) malam.

Menurut Ghali, Kompetisi Sepak Bola U-19 ini merupakan salah satu program unggulan yang dicanangkan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, sebagai salah satu event penciptaan daya saing daerah di bidang olahraga.

“Kompetisi ini juga merupakan bagian dari perwujudan program Pemkab Malteng yaitu event Pamahanunusa. Nah, salah satunya berupa kegiatan olahraga berprestasi (OBOR),” tandas Ghali.

Dikatakan, panitia pelaksana jauh sebelumnya telah mendesain event Kompetisi Sepak Bola U-19 dengan mempertimbangkan tiga aspek penting. Masing-masing,  mewujudkan agenda dari program Bupati berupa OBOR, kemudian juga mempertimbangkan aspek serimoni yakni menyambut   hari ulang tahun (HUT) Kota Masohi yang jatuh pada tanggal 3 November 2018 mendatang, serta yang terakhir yang menjadi tujuan utama dari event ini yakni, seleksi pemain muda.

“Seleksi pemain muda adalah tujuan jangka pendek yang harus disiapkan, karena tahun 2019 mendatang akan ada Pekan Olahraga Provinsi (POP) Maluku,”jelasnya.

Ghali menambahkan, terkait dengan tujaun jangka pendek itu, maka Pemkab Malteng telah menyiapkan sejumlah hadiah yang akan diperebutkan peserta. Antaranya, piala bergilir Bupati Maluku Tengah, piala tetap dan juga hadiah uang tunai sebagai rangsangan pembinaan bagi club sepak bola yang berprestasi dalam kompetisi ini.

“Selaku panitia kita berharap melalui event ini akan tercipta komposisi pemain muda yang bertalenta yang akan mewakili Kabupaten Malteng di kompetisi-kompetisi selanjutnya,”tandasnya. (BB/DIO)