Tahan Imbang China, Timnas Indonesia U-16 Berpeluang Lolos

Timnas Indonesia U-16 usai berlaga melawan China dengan skor imbang (0:0) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (22/9/2019). (FOTO : bola.com)

BERITABETA.COM,  Jakarta – Timnas Indonesia U-16 meraih hasil imbang kontra China pada partai pamungkas Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (22/9/2019).

Hasil ini mengantar China lolos ke putaran final Piala AFC U-16 2020 di Bahrain sebagai kampiun Grup G, sementara Timnas Indonesia U-16 masih punya kans untuk lolos sebagai runner up terbaik.

Timnas Indonesia U-16 dan China saling jual beli serangan sejak awal. Kedua tim sama-sama memeragakan permainan menyerang.

Timnas Indonesia U-16 punya kans untuk membuka keran gol pada menit ke-41. Sayang, tendangan Ahmad Athallah masih membentur tiang gawang.

Skuat berjulukan Garuda Muda itu kembali mendapatkan peluang pada menit ke-61. Namun, sepakan Marselino Ferdinan masih melayang dari gawang China.

Adapun, serangan China juga cukup membahayai gawang I Made Putra Kaichen. Berapa kali upaya dari He Xiaoke dan kawan-kawan mengancam pertahanan Timnas Indonesia U-16.

Garuda Muda kembali menciptakan peluang emas pada menit ke-88. Akan tetapi, tendangan Faizal Shaifullah masih dapat ditangkap kiper China, Li Hao.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tidak berubah. Timnas Indonesia U-16 bermain imbang 0-0 melawan China.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-16 mengakhiri Grup G di peringkat kedua dengan sepuluh poin. China berada di posisi pertama dengan angka yang sama namun unggul selisih gol dan berhak melaju ke putaran final.

Performa Timnas Indonesia U-16 patut diapresiasi. Meski menghadapi lawan yang levelnya lebih baik, tim berjulukan Garuda Muda itu mampu tampil dominan.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih banyak kepada para pemain, pendukung, dan wartawan. Alhamdulillah kami dapat menahan imbang China,” kata pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti setelah pertandingan.

“Kami juga punya poin sama dengan China, hanya kalah selisih gol. Saya mengapresiasi kerja keras pemain Timnas Indonesia U-16,” sambungnya.

Dengan hasil imbang ini, China dipastikan lolos ke putaran final Piala AFC U-16 2020. Armada Antonio Puche Vicente itu mengakhiri Grup G sebagai pemuncak klasemen dengan tujuh poin, karena angka melawan Kepulauan Mariana Utara tidak dihitung.

Adapun, Timnas Indonesia U-16 punya angka yang sama dengan China, namun kalah selisih gol. Garuda Muda berpeluang untuk melaju ke putaran final sebagai runner-up terbaik.

Sebanyak 11 juara grup plus empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final. Menghitung klasemen saat ini, Timnas Indonesia U-16 berstatus sebagai peringkat kedua terbaik, namun masih menunggu hasil lainnya di babak kualifikasi. (BB-bola.com)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire