BERITABETA, Jakarta – Timnas Indonesia U-19 sukses memetik kemenangan 3-1 atas Taiwan U-19 dalam laga penyisihan Grup A ajang Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10). Egy Maulana Vikri membawa Indonesia memimpin pada menit ke-50 namun disamakan Wang Chung-Yu.

Witan menjadi penentu kemenangan Indonesia dengan dua golnya masing-masing pada menit ke-71 dan 88.

Berkat kemenangan ini, pasukan Merah Putih untuk sementara memimpin klasemen Grup A dengan koleksi tiga poin. Jumlah ini sama dengan Uni Emirat Arab yang sukses menundukkan Qatar 2-1 dalam laga sebelumnya. Namun Rachmat Irianto dan kawan-kawan unggul selisih gol.

Indonesia menurunkan formasi 4-3-3 dengan menurunkan Witan Sulaiman, Rafli Mursalim, dan Saddil Ramdani di lini depan, mereka ditopang Syahrial Abimanyu, Egy Maulana Vikri, dan Muhammad Luthfi Kamal.

Indonesia menerapkan permainan menyerang sejak kick off dimulai. Beberapa peluang didapatkan Indonesia melalui Witan, Egy, dan Luthfi namun tak satu pun yang menghasilkan gol.

Pada menit ke-33, Egy juga terlalu lama membawa bola sehingga terlambat memberikan bola kepada Rafli yang berdiri lebih bebas. Sembilan menit kemudian  Saddil dari sisi kanan memberikan umpan matang kepada Egy. Namun sayang kontrol bola yang dia lakukan masih sangat buruk sehingga mudah dipatahkan.

Satu menit menjelang laga babak pertama usai, Saddil mencoba melepaskan tembakan kaki kiri yang menjadi andalannya. Namun  bola yang ditendangnya masih melambung tinggi di atas mistar. Babak pertama skor imbang tanpa gol tidak berubah.

Pada babak kedua, Indonesia tetap mengambil inisiatif menyerang. Upaya pasukan Indra Sjafri akhirnya menemui hasil pada menit ke-50. Gol berawal dari aksi Witan Sulaiman dari sisi kiri. Dia mengirimkan umpan yang tidak terlalu deras.

Bek Taiwan bernomor punggng 6 seharusnya bisa menghalau bola namun gagal. Bola yang lepas dimanfaatkan dengan baik oleh Egy yang sudah didepan gawang.

Namun keunggulan Indonesia hanya bertahan tiga menit. Taiwan menyamakan kedudukan melalui aksi Wang Chung-Yu. Gol terjadi karena kesalahan pemain belakang Indonesia yang gagal menghalau bola.

Mental Garuda Nusantara ternyata tak ambruk setelah kebobolan. Mereka tetap mampu menekan dan membuat lini pertahanan harus bekerja keras untuk menghalau serangan.

Serangan Indonesia akhirnya kembali membuahkan gol pada menit ke-71. Berawal dari tendangan bebas bola sempat diblok kiper Taiwan. Bola yang melambung kemudian dimanfaatkan Witan dengan sundulan.

Indonesia kian sulit dikejar setelah mencetak gol ketiga yang juga dilesakkan Witan pada ke-88. Gol berawal dari aksi Egy. Pemain yang kini berkompetisi di Polandia ini  berhadapan dengan kiper, tetapi dia kesulitan menembak.

Bola pun diberikan kepada rekannya di sisi kanan. Sodoran pendek dari Egy diselesaikan dengan tembakan keras Witan. Skor 3-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Indonesia akan kembali beraksi pada Minggu, 21 Oktober mendatang melawan Qatar mulai pukul 19.00 WIB di SUGBK. Sebelumnya pada pukul 16.00 WIB, Taiwan akan menantang Uni Emirat Arab (BB)

Sumber: BeritaSatu.com