Timnas Indonesia U-16 Ingin Buat Almarhum Alfin Lestaluhu Tersenyum

Kenangan Timnas Indonesia U-16 bersama Almarhum Alfin Lestaluhu
Kenangan Timnas Indonesia U-16 bersama Almarhum Alfin Lestaluhu

BERITABETA.COM, Jakarta – Berada di grup sulit pada Piala Asia U-16 2020 tak membuat motivasi timnas Indonesia U-16 untuk meraih kesuksesan di Bahrain menjadi surut.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi lawan-lawan perkasa pada kejuaraan Piala Asia U-16 2020 yang diselenggarakan di Bahrain. Tergabung di Grup D, Indonesia bakal bertemu Arab Saudi, Tiongkok, dan Jepang.

Di atas kertas pada pesaing tersebut merupakan tim dengan reputasi yang jauh di atas timnas U-16. Namun, tekad skuad arahan pelatih Bima Sakti besar untuk dapat meraih kesuksesan pada Piala Asia U-16 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan oleh gelandang timnas U-16, Valeron. Pemain yang juga membela Persib Bandung itu memaparkan bahwa para pemain semangat, dan punya mengusung motivasi dari almarhum Alfin Lestaluhu.

“Motivasi terbesar kami khususnya saya adalah, ingin membuat semua masyarakat Indonesia tersenyum atas pencapaian kami di Bahrain nanti,” ungkap Valeron ketika dihubungi.

“Selain itu, saya dan rekan-rekan juga ingin membuan Alfin tersenyum di surga melihat kami berprestasi di Piala Asia, dan mampu melangkah ke Piala Dunia U-17 2021 di Peru,” sambungnya.

Alfin merupakan bagian dari skuad timnas U-16 ketika berjuang di Piala AFF hingga Kualifikasi Piala Asia U-16 lalu. Berposisi sebagai bek sayap, Alfin harus berpulang pada Oktober lalu karena encephalitis.

Sosok Alfin dikenang sebagai pemain yang tangguh dan pantang menyerah di skuad timnas U-16, namun pemain asal Ambon itu harus berpisah lebih awal karena penyakit yang ia derita sejak Oktober.

Encephalitis sendiri merupakan penyakit yang lebih akrab dikenal dengan radang otak. Alfin sempat menjalani perawatan intensif di Ambon, hingga akhirnya PSSI membawa Alfin untuk dirawat di Jakarta.

BACA JUGA:  Timnas Indonesia Bakal Tersingkir Lagi di Piala AFF 2018

Sayangnya, penyakit Alfin tersebut gagal disembuhkan, dan yang bersangkutan dipanggil Yang Maha Kuasa pada 31 Oktober. Kini nama Alfin diingat sebagai motivasi Garuda Muda untuk bisa sukses di kancah Piala Asia U-16.

Bima sudah merancang bagaimana persiapan anak-anak menghadapi event yang digelar November tersebut. Bogor, Jakarta, atau Bekasi menjadi pilihan Bima untuk timnas U-16 kembali berkumpul mengadakan pemusatan latihan (TC), di tengah pandemi virus corona.

“Kami harus mematuhi protokol kesehatan. Jadi kedisiplinan semua komponen tim sangat penting. Selain itu, kami juga selalu berkoordinasi dengan dokter timnas,” ucap Bima soal TC tersebut (BB-DIP)

Sumber: goal.com

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire