Timnas Indonesia U-16 Siap Habis-habisan Melawan Australia

Timnas Indonesia U-16 Siap Habis-habisan Melawan Australia
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, menyebut timnya siap tempur di Piala AFF U-16 2018 karena para pemainnya sudah semakin kompak dan padu. (dok. PSSI)

BERITABETA,  Kuala Lumpur – Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Australia pada perempat final Piala AFC U-16 2018 yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (01/10/18) sore.

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini, menegaskan para pemainnya siap bertarung habis-habisan demi lolos ke semifinal Piala AFC U-16 2018 sekaligus meraih tiket Piala Dunia U-17 2019.

Timnas Indonesia U-16 saat ini tengah memikul harapan besar bangsa Indonesia yang ingin melihat tim nasionalnya berkiprah di turnamen level Piala Dunia.

Selangkah lagi, tim asuhan Fakhri Husaini itu bisa mewujudkan keinginan masyarakat Indonesia jika berhasil mengalahkan Australia di perempat final Piala AFC U-16 2018, mengingat empat tim yang lolos ke semifinal akan langsung memastikan tiket Piala Dunia U-17 2018.

Fakhri Husaini mengaku timnya sudah tidak sabar menghadapi pertandingan ini. Pelatih asal Lhokseumawe itu menegaskan para pemain Timnas Indonesia U-16 sudah siap untuk bertarung demi lolos ke semifinal.

“Kami sudah menunggu momen ini setelah performa kami dalam tiga pertandingan terakhir. Para pemain saya pun siap untuk bertarung,” ujar Fakhri Husaini.

Fakhri Husaini pernah melihat tim asuhannya kalah telak dari Australia di Piala AFF U-15 2017. Saat itu, Australia menang telak 7-4 atas Timnas Indonesia U-15. Namun, Fakhri menegaskan timnya sudah siap untuk membalas kekalahan tersebut.

“Australia merupakan tim yang kuat. Namun, kami memiliki pengalaman menghadapi mereka di Piala AFF U-15 2017, di mana kami kalah. Kami akan menggunakan kekalahan itu sebagai pelajaran besar bagi kami ketika kami menghadapi mereka lagi,” lanjutnya.

Timnas Indonesia U-16 dipastikan akan memainkan para pemain terbaiknya, terutama para pemain yang tampil di pertandingan pertama Grup C di mana Tim Garuda Asia menang 2-0 atas Iran. David Maulana, Brylian Aldama, dan Andre Oktaviansyah, kemungkinan besar akan menjadi andalan Fakhri Husaini untuk mengisi lini tengah tim.

Australia Menaruh Hormat

Pelatih Australia, Trevor Morgan, mengaku enggan menganggap remeh Timnas Indonesia U-16 yang akan dihadapi pada laga perempat final Piala AFC U-16. Ia menaruh hormat kepada skuat asuhan Fakhri Husaini tersebut.

Dari segi pencapaian di fase grup, Timnas Indonesia U-16 lebih baik dibandingkan Australia. Tim Garuda Asia lolos sebagai juara Grup C, sedangkan Joeys, julukan Australia, melangkah dengan status runner-up Grup D.

“Kami mengakui bahwa semua tim yang lolos memang pantas berada di perempat final,” ujar Morgan.

Meski demikian, Morgan memastikan pasukannya sudah siap untuk meladeni Timnas Indonesia U-16. Duel kedua tim akan menentukan satu tempat di semifinal sekaligus lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 di Peru tahun 2019.

“Dalam setiap pertandingan kami melihat bahwa kami bisa memenangi pertandingan dan kami akan bersiap untuk meraih kemenangan. Kami sangat siap untuk menghadapi Indonesia,” ia menuturkan.

Pertandingan Australia melawan Timnas Indonesia U-16 merupakan yang pertama bagi kedua di pentas Piala AFC U-16. Namun, kedua tim pernah dua kali bertemu di Piala AFF dan masing-masing tim meraih satu kemenangan.

 

Sumber: AFC

 

 

 

 

Close Menu