Empat Wajah Lama Masih Mewarnai Bursa Pilkada SBT 2020

Empat Wajah Lama Masih Mewarnai Bursa Pilkada SBT 2020

Sudah Ada Tujuh Figur yang Berproses di PDI-Perjuangan

BERITABETA.COM, Ambon – Pentahapan Pilkada di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mulai berjalan. DPD PDI- Perjuangan Kabupaten SBT, mulai membuka peluang pendaftaran sekaligus pengembalian formulir bakal calon (balon) kepala daerah untuk menuju Pilkada di Kabupaten berjuluk “Ita Wotu Nusa” itu.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com, hingga Selasa sore (10/9/2019) sudah terdapat tujuh figur yang menyatakan kesiapan untuk maju di Pilkada SBT dengan mendatangi kantor DPD PDI-Perjuangan untuk mengambil formulir pendaftaran dari partai besutan Megawati Soekarno Putri itu.

Empat bakal calon (balon) diantaranya adalah wajah lama yang kembali berproses untuk merebut kursi 01 di Kabupaten SBT. Mereka antaranya, Mukti Keliobas (Incumbent Bupati), Fahri Husni Alkatiri (Incumbent Wakil Bupati), Siti Umaria Suruwaky (Mantan Wakil Bupati) dan Sjaifuddin Goo.  

Sedangkan dua  balon lainnya adalah masing-masing,  Aroby Kelian yang juga Ketua DPC PDI- Perjuangan juga mendaftar sebagai balon Wakil Bupati SBT dan Bahrum Wadjo sebagai balon Wakil Bupati SBT. Satu nama lainnya, adalah Junedy Mahad  juga mendaftar sebagai balon Bupati SBT di Pilkada SBT.   

Sementara itu, Ketua Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati PDI Perjuangan Kabupaten SBT,  Rudi Rumodar  yang dikonfirmasi beritabeta.com melalui telepon selulernya, Selasa malam (10/9/2019)  mengatakan, pihaknya telah resmi membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon kepala daerah mulai tanggal 2 September 2019.

“Yang sudah resmi mengambil formulir ada 6 orang lewat DPD PDI-P Kabupaten SBT. Sedangkan 1 balon lainnya mengambil formulir melalui DPD PDI-P Maluku atas nama Sjafuddin Goo, jadi totalnya ada 7 balon kepala daerah,” tandasnya.

Ditanyai terkait mekanisme penjaringan yang dilakukan apakah membolehkan balon kepala daerah mengambil formulir lewat DPD PDI-Perjuangan Maluku, kata Rudi, mekanismenya harusnya melalui kabupaten, namun karena ada yang mengambil lewat provinsi, pihkanya tidak bisa melarang.

“Kita lihat saja karena dead line-nya sampai tanggal 12 kalau Pak Sjafuddin Goo mengembalikan formulirnya kepada kami, tetap kami terima,” tandasnya.

Seperti diketahui, Sjaifuddin Goo yang pada Pilkada SBT tahun 2015 silam bergandeng denga Sitti Umuria Suruwaky, pada pukul 02.00 WIT resmi mendaftarkan diri ke DPD PDI-Perjuangan dengan mengabil formulir yang dilakukan Tim 9 yang dibentuk.

Tim yang dibentuk dipimpin oleh Bahrudin Kelibia telah bertandang ke Kantor DPD PDI-Perjuangan dan diterima oleh salah satu pengurus DPD PDI- Perjuangan Grace Akerina.

“Kami sudah mengambil formulir pendaftaran dan Insya Allah akan kami kembalikan sesuai waktu yang ditentukan,” kata salah satu anggota tim kepada beritabeta.com di Ambon. (BB-DIO)

Close Menu