BERITABETA, Jakarta – Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait berharap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bisa berubah lebih santun saat bebas dari penjara. Dia juga mempersilakan jika Ahok bergabung bersama PDIP usai bebas.

“Itu adalah hak asasi ya mau gabung kemana saja, semoga Ahok nanti kalau sudah keluar dia kerja bagus, ya mulutnya bisa dijaga saja. Jadi dia bisa lebih santun semoga ini pelajaran bagi dia,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Maruarar meminta Ahok mengambil pelajaran dari ucapannya yang sampai berujung pidana. Dia ingin Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjaga lisan dengan hati-hati.

“Yang pasti kalau dia saya setiap orang kan ada hikmahnya. Jadi suatu peristiwa ada hikmahnya hati hati berbicara dengan fakta dan data dan jangan menyinggung perasaan siapapun. Saya rasa itu Ahok perlu belajar,” ujarnya.

Dia tidak menjawab apakah PDIP sudah mempersiapkan posisi untuk Ahok yang bakal bebas pada beberapa bulan ke depan. Menurutnya, PDIP juga belum berkomunikasi intensif dengan Ahok.

“Jadi saya baru dengar dari media tentu itu hak asasi manusia ada di mana, itu pilihannya. Yang penting tadi saya sampaikan ya Ahok belajar dari pengalaman yang ada kerja bagus itu penting tetapi juga bagaimana menjaga mulut menjaga omongan dengan santun dan menghormati semua itu menjadi penting juga,” imbuh Maruarar. (BB-ADIS)