Koalisi MUFAKAT ‘Game Over’, Fachri Condong Pilih Aroby Kelian

Fachri Husni Alkatiri – Arobi Kelian

BERITABETA.COM, Ambon – Pilkada Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang akan dihelat tahun 2020 mendatang, sepertinya tidak lagi menampilkan koalisi pasangan calon kepala daerah (calkada) atas nama Mukti Keliobas – Fachri Husni Alkatiri atau berakronim MUFAKAT.

MUFAKAT sepertinya sudah ‘game over’. Hal ini ditandai dengan proses pengambilan formulir pendaftaran di DPD PDI-Perjuangan yang dibuka beberapa waktu lalu.

Dalam proses ini Fachri Husni Alkatiri (incumbent Wakil Bupati SBT) diketahui  akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon (balon) Bupati di Pilkada SBT mendatang. Hal yang sama juga dilakukan Mukti Keliobas.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com, Kamis (12/9/2019) menyebutkan, proses pengambilan formulir pendaftaran di partai berlambang moncong putih ini, menyusul adanya komunikasi yang intens antara Fachri Husni Alkatiri dengan kubu Arobi Kelian (ketua DPD PDI-Perrjuangan) Kabupaten SBT.

“Peluangnya sangat besar. Rata-rata semua pengurus menghendaki keduanya tampil berpasangan sebagai kontestan di Pilkada SBT mendatang,” kata Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Kabupaten SBT, Azis Yanlua saat dikonfirmasi beritabeta.com, Kamis sore (12/9/2019).

Ditanyai terkait peluang Arobi Kelian dimunculkan sebagai calon Bupati SBT di Pilkada SBT mendatang, Azis menjawab, tidak menutup kemungkinan kondisi itu bisa berbalik. Kata Azis, apabila Ibu Mega menghendaki kader PDI- Perjuangan tampil sebagai calon Bupati, maka semua bisa saja akan terjadi.

“Saling kajian partai, pilihan 02 paling enjoy,” ungkap Azis.

Informasi lain yang dihimpun media ini juga menyebutkan, munculnya Fahri Husni Alkatiri di bursa Pilkada SBT sebagai calon Bupati, juga tidak terlepas dari prestasi yang diraih PKS sebagai partai pengusungnya di Kabupaten SBT pada Pemilu 2019 lalu.

Di Pemilu April  2019, PKS merupakan partai yang berhasil mengirim wakilnya di Parlemen Maluku, selain itu juga berhasil merebut pimpinan DPRD Kabupaten SBT dan 1 fraksi utuh.

BACA JUGA:  Menuju Pilkada SBT, Penetrasi Alkatiri ke Parpol-Parpol Makin Kencang

“Prestasi ini yang membuat PKS begitu percaya diri, karena secara electoral PKS mampu mengungguli Partai Golkar di konstalasi politik lokal SBT,” ungkap salah satu sumber yang enggan menyebutkan namanya.

Jika kodisi ini benar terjadi, maka dipastikan perhelatan Pilkada SBT 2020 mendatang akan berpeluang berlangsung head to head antara Fachri Husni Alkatiri dengan Mukti Keliobas.

Meskipun peluang munculnya pasangan lain sangat terbuka, namun hingga saat ini belum ada figur lain yang terpantau berpeluang tampil sebagai rival kedua sosok ini.  

“Mungkin akan muncul pasangan lain, namun yang menguat dan punya peluang adalah kedua figure ini. Karena Fachri nampaknya sudah bulat dengan Arobi, tinggal Mukti mengambil sikap dengan memilih pasangannya,”kata sumber tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, hingga Selasa sore (10/9/2019) Ketua Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati PDI Perjuangan Kabupaten SBT,  Rudi Rumodar  mengatakan, sudah terdapat tujuh figur yang menyatakan kesiapan untuk maju di Pilkada SBT dengan mendatangi kantor DPD PDI-Perjuangan untuk mengambil formulir pendaftaran dari partai besutan Megawati Soekarno Putri itu.

Empat bakal calon (balon) diantaranya adalah wajah lama yang kembali berproses untuk merebut kursi 01 di Kabupaten SBT. Mereka antaranya, Mukti Keliobas (Incumbent Bupati), Fachri Husni Alkatiri (Incumbent Wakil Bupati), Siti Umaria Suruwaky (Mantan Wakil Bupati) dan Sjaifuddin Goo. 

Sedangkan dua  balon lainnya adalah masing-masing,  Aroby Kelian yang juga Ketua DPC PDI- Perjuangan juga mendaftar sebagai balon Wakil Bupati SBT dan Bahrum Wadjo sebagai balon Wakil Bupati SBT. Satu nama lainnya, adalah Junedy Mahad  juga mendaftar sebagai balon Bupati SBT di Pilkada SBT.  (BB-DIO) 

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire