KPUD, Bawaslu dan DPRD SBT Siap Sukseskan Pilkada 2020

Kegiatan “Bacarita Pemilu” session 4 yang digelar Badko HMI Maluku-Maluku tentang Pilkada 2020 di SBT, menghadirkan perwakilan KPUD, pimpinan Bawaslu SBT, perwakilan DPRD dan KNPI SBT sebagai nara sumber pada, Senin (25/11/2019)

BERITABETA.COM, Bula – Tiga lembaga pemerintah di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Maluku, menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) langsung yang akan dihelat pada September 2020 di kabupaten itu.  Ketiga lembaga pemerintah ini masing-masing KPUD, Bawaslu  dan DPRD Kabupaten SBT.  

Pernyataan ini disampaikan perwakilan KPUD, pimpinan Bawaslu SBT dan perwakilan DPRD yang hadir dalam  kegiatan dialog yang digelar Badko HMI Maluku-Maluku Utara, dengan tema ‘Bacerita Pemilu”, Senin (25/11/2019)

Kegiatan Badko HMI Maluku-Maluku Utara bertema “Bacarita Pemilu” ini merupakan kegiatan  sesion keempat dengan menyoroti langsung tahapan pelaksanaan Pilkada SBT sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Dialog ini menghadirkan empat nara sumber masing-masing Ketua Bawaslu SBT Suparjo Rumakamar, Komisioner KPU SBT Said Heder Boften, Anggota DPRD SBT Abdul Azis Yanlua, dan Ketua DPD KNPI Kabupaten SBT, Rusdi Rumata.

Ketua Umum Badko Firdaus Arey saat membuka kegiatan “Bacerita Pemilu” menyampaikan agenda ini merupakan bagian dari partisipasi HMI dalam mengawal demokrasi yang akan berlangsung di tahun 2020 mendatang.

“Kita ketahui bersama bahwa di tahun 2020 nanti ada 170 daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada serentak, Di Maluku ada empat kabupaten salah satunya adalah Kabupaten seram bagian Timur. Dan untuk menjaga kelancaran prosesnya maka kegiatan seperti ini sangat diperlukan dengan melibatkan semua pihak,” tandasnya.

Untuk itu, kata Firdaus, baik sebagai lembaga penyelenggara, civil society harus mampu mengawal keberlangsungan peseta demokrasi lima tahunan yang akan berjalan di kabupaten berjuluk “Ita Wotu Nusa” ini.

Tampil sebagai pembicara Ketua Bawaslu SBT Suparjo Rumakamar menandaskan, pihaknya secara kelembagaan telah siap untuk tampil mengawasi dan melaksanakan tugas-tugas yang harus dijalankan menuju Pilkada SBT 2020 mendatang.

“Sebagai wujud kesiapan kita, Bawaslu telah mengusulkan kepada pemerintah kabupaten agar dapat merealisasikan pencairan anggaran Bawaslu yang akan diperuntukan pada agenda pentahapan yang akan dimulai dalam waktu dekat ini,” tandasnya.

Menurut Rumakamar, pada tanggal 27 November 2019 Bawaslu akan memulai kerjanya dengan melakukan seleksi   Panwascam di beberapa kecamatan sebagai langkah awal menuju Pilkada SBT 2020 nanti.

Hal senada juga disampaikan Komisioner KPU SBT  Said Heder Boften. Dalam kesempatan itu Boften mengatakan, pihaknya selaku lembaga teknis telah siap melaksanakan tahapan Pilkada sesuai dengan ketentuan PKPU yang ditetapkan.

“Kami juga meminta adanya partisipasi public dalam mengawal semua tahapan yang akan berlangsung kedepan,” bebernya.

Sementara itu, anggota DPRD SBT Abdul Azis Yanlua dalam kesempatan itu menyampaikan DPRD SBT sebagai lembaga yang memiliki kewenangan penuh dalam hal budgeting dan pengawasan akan tetap bersikap merespon semua proses yang berlangsung menuju pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

“Tentunya yang lebih utama adalah mengawal dan mengawasi kinerja pemerintah dalam hal mendukung kesiapan pelaksanaan Pilkada mendatang. Antaranya terkait penganggaran terkait Pilkada yang kini dibahas dalam paripurna DPRD,” tandas politisi PDI-P ini.

Dukungan yang sama juga disampaikan Ketua DPD KNPI SBT Rusdi Rumata yang menyampaikan kesiapan pihaknya dalam menjaga dan ikut mendukung suksesnya Pilkada SBT.

Ia menambahkan, Pilkada SBT yang  akan digelar keempat kalinya ini di Kabupaten SBT pada tahun 2020, merupakan sebuah momen penting yang harus dikawal dengan maksimal dengan melibatkan semua unsur penting di daerah ini. Dan untuk itu, KNPI sebagai wadah kepemudaan akan siap dan ikut terlibat dalam menyukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung nanti (BB-AD)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire