Melaju ke Verfak Tahap 2, Nina Ramah Berpeluang Lolos ke Arena Pilkada SBT

Ribuan masa pendukung dan simpatisan pasangan bakan calon (balon) jalur independent di Pilkada Seram Bagian Timur (SBT) Rohani Vanath- M. Ramli Mahu (Nina Ramah) saat mengatarkan dukungan awal ke Kantor KPU SBT, Februari 2020 silam.
Ribuan masa pendukung dan simpatisan pasangan bakan calon (balon) jalur independent di Pilkada Seram Bagian Timur (SBT) Rohani Vanath- M. Ramli Mahu (Nina Ramah) saat mengatarkan dukungan awal ke Kantor KPU SBT, Februari 2020 silam.

BERITABETA.COM, Bula – Pasangan bakal calon (balon) jalur independent/perseorangan di Pilkada Seram Bagian Timur (SBT) Rohani Vanath- M. Ramli Mahu (Nina Ramah) berpeluang besar untuk lolos ke arena Pilkada SBT Desember 2020.

Hal ini setelah KPU Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kembali menetapkan jumlah dukungan KTP tambahan yang memenuhi syarat (MS) untuk diverifikasi faktual (verfak) mencapai angka 7.985 dukungan.

“Setelah diteli oleh tim verifikator yang ditugaskan KPU SBT, maka dari jumlah dukungan tambahan yang dimasukan bapaslon Nina Ramah dengan jumlah awal 15.335, diperoleh hasil jumlah dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 7.985. Sedangkan dukungan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 7.350,” demikian disampaikan Ketua KPU SBT, Kisman Kelian saat membacakan hasil Vermin dalam rapat pleno yang berlangsung, Rabu (5/8/2020) dini hari.

Dengan ditetapkan jumlah dukungan tambahan yang memenuhi syarat pada tahapan vermin ini, makin memperkuat posisi pasangan perseorangan di Pilkada SBT ini untuk lolos ke arena Pilkada SBT.

Peluang tersebut lantaran, dari jumlah dukungan 7.985 yang akan diverifikasi faktual ini, Nina Ramah hanya memerlukan dukungan tambahan sebanyak 2.186 untuk memenuhi ketentuan 10 persen dukungan dari DPT SBT, untuk lolos sebagai kontestan di Pilkada SBT.

Ketua KPU SBT dalam kesempatan itu, seperti yang disiarkan secara langsung pada media sosial Facebook menjelaskan, proses Verfak  tahap akhir ini hanya berlangsung selama 9 hari, mulai dari tanggal 8 Agustus dan akan berkahir pada tanggal 16 Agustus 2020.

“Verfak tahap kedua ini, tidak lagi menggunakan makanisme sensus dengan mendatangi rumah-rumah pemberi dukungan, tapi akan berlangsung dengan cara tim pasangan Nina Ramah yang akan menggumpulkan para pendukungnya untuk dicek keabsahan dukungan yang diberikan,” tandas Kisman dalam pleno tersebut.

BACA JUGA:  Penetapan Anggota DPRD Malteng Diwarnai Interupsi

Seperti diketahui, pasangan balon Nina Ramah sebelumnya sudah mengantongi jumlah dukungan awal sebanyak 8.026 sesuai hasil pleno KPU tanggal 30 Juli 2020 lalu. Dengan jumlah tersebut, maka Nina Ramah diganjar untuk memasukan dukungan tambahan agar dapat diproses kembali untuk memenuhi dukungan 10 persen.

Menanggapi perkembangan sesuai pleno KPU ini, sejumlah pendukung, simpatisan dan tim sukses pasangan Nina Ramah menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang mengalir selama ini.

“Ini sebuah perjuangan yang cukup panjang. Dan malam ini kami kembali memasuki etape baru dengan hasil yang telah ditetapkan. Tentu apa yang dicapai hari ini, merupakan hasil kerja semua tim dan rakyat SBT secara menyeluruh,” kata Ketua Tim Sukses Nina Ramah Teddy Mochsal menjawab  beritabeta.com via WhatsApp.

Meski jalan panjang menuju arena Pilkada SBT sudah menunjukan titik terangnya, namun Teddy mengakui, perjuangan ini belum selesai, masih tersisa satu tahapan lagi yang harus dikawal dengan ekstra ketat.

“Masih tersisa Verfak yang akan dimulai tanggal 8 besok. Tentunya dukungan masyarakat SBT dalam membantu proses ini sangat kami harapkan. Dan kami akan selalu siap mengawal dengan segala konsekwensinya hingga tahapan ini akan tuntas,” tandasnya optimis (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire