PDI-P Maluku Menguat Dukung Fachri – Arobi di Pilkada SBT

Wakil Bupati SBT, yang juga Ketua DPC PKS SBT, Fachri Husni Alkatiri (kiri) dan Arobi Kelian Ketua DPC PDIP SBT (kanan) mengapit Ketua DPD PDI-P Maluku Murad Ismail (tengah) dalam sebuah pertemuan silaturahim yang berlangsung di kediaman Murad Ismail di kawasan Wailela, Desa Poka, Selasa (7/1/2020) malam. (FOTO : Istimewa)

BERITABETA.COM, Ambon – Bakal Calon Kepala Daerah (Bacalkada) Fachri Husni Alkatiri (FHA) yang kini berproses menuju Pikada SBT bersama pasangannya Arobi Kelian (AK), posisinya makin menguat didukung PDI- Perjuangan Maluku, untuk tempil sebagai kontestan di Pilkada SBT 2020.

Informasi yang berhasil dihimpun beritabeta.com di Ambon, Rabu (8/1/2020) malam menyebutkan, pasangan bakal calon ini bahkan sudah direstui oleh Ketua DPD PDI- Perjuangan Maluku, Murad Ismail.

Restu Murad Ismail yang juga Gubernur Maluku ini juga tampak terlihat saat Fachri-Arobi bertemu Gubernur Maluku di kediamannya di Wailela, Poka Ambon, Selasa (7/1/2020) malam. Dalam postingan yang diunggah di laman facebook, Murad Ismail selaku Ketua DPD PDI-P Maluku terlihat santai bersama Fachri – Arobi.

“Pak Gubernur, selaku Ketua DPD PDIP Maluku sudah memberikan restu itu. Bahkan, dalam pertemuan itu, Murad Ismail juga berkeinginan telah mengantongi rekomendasi PDI-P, beliau akan ikut turun ke SBT untuk berkampanye kepada pasangan ini,” ungkap sumber yang enggan namanya disebutkan itu.

Murad Ismail, kata sumber itu, bahkan menegaskan, bakal calon yang tidak mendaftar  melalui mekanisme partai yakni di tingkat DPC dan DPD, tapi langsung ke DPP, nama-namanya akan dicoret, karena dianggap tidak menghormati tahapan dan proses dari bawah.

Sementara, sosok Fachri – Arobi di mata sebagian pengurus parpol dianggap merupakan pasangan ideal yang cocok untuk disandingkan dan tampil sebagai kontestan di Pilkada SBT yang akan berlangsung September 2020 mendatang.

Fachri memiliki prestasi gemilang saat memimpin PKS di Kabupaten SBT dengan mampu mendulang suara di Pemilu 2019 silam dan mampu mengantarkan kader PKS ke kursi empuk DPRD Provinsi Maluku dan DPRD SBT.

BACA JUGA:  Anggota DPR RI Minta Usulan PSBB di Kota Ambon Dikaji Ulang

Hal yang sama juga diraih kader PDI-P Arobi Kelian yang juga ketua DPC PDI- Perjuangan SBT di Pemilu 2019.

Bendahara DPD PDI- Perjuangan Maluku, Lucky Wattimury kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku,  Rabu (8/1/2020) juga membenarkan posisi kedua politisi asal SBT ini. Meski tidak secara gamblang menguraikan peluang kedua politisi ini, namun Lucky memberikan signal bahwa poisisi Arobi menjadi satu-satunya harapan partai itu di Pilkada SBT.

Kata Lucky,  khusus untuk Pilkada SBT, saat ini Fachri Alkatiri selaku balon  Bupati SBT, selalu intens komunikasi dengan Arobi Kelian selaku Ketua DPC PDIP. Arobi Kelian mencalonkan diri sebagai salah satu Bakal Calon Wakil Bupati disana.

Menurutnya, Fachri -Arobi makin intens menjalin komunikasi untuk berpasangan di Pilkada SBT.

 “Sekarang Pak Fachri itu intens komunikasi dengan Pak Arobi, itu satu fakta. Tetapi kan, Pak Arobi tidak tutup kemungkinan bagi orang lain? Silahkan orang lain datang dan PDIP punya aturan menyeleksi, siapa yang tepat untuk dipasangkan dengan Pak Arobi. PDIP selalu bukan ruang. PDIP bukan partai tertutup. Kita terbuka, yang penting adalah membangun komunikasi dengan baik, mau terima Pak Arobi apa adanya, ya sudah, kita bicara. Bahwa sekarang Pak Fachry intensif komunikasi, itu suatu fakta, ” ungkapnya.

Ketua DPRD Maluku ini mengatakan, saat ini belum ada orang lain yang berkomunikasi untuk berpasangan dengan Arobi Kelian,  hanya Fachri Husni Alkatiri.

“Pintu PDIP terbuka. Tetapi untuk sementara, jagoan kita dari PDIP adalah Arobi Kelian selaku bakal calon wakil bupati SBT. Nah, sekarang kita jual dia kepada calon-calon bupati. Siapa yang mau? Kalau ada yang mau, silahkan melamar,” ungkap Wattimuri.

BACA JUGA:  Paslon NINA RAMAH Siap Masuki Tahapan Verifikasi di KPU SBT

Lucky menguraikan, DPD PDIP Maluku memberikan prioritas kepada Arobi Kelian, dengan beberapa penilaian. Pertama, Arobi adalah satu-satunya kader partai yang mencalonkan diri di Pilkada SBT.  Arobi Kelian adalah Ketua DPC PDIP SBT.

Perjuangan Arobi bersama seluruh pengurus dan kader PDIP disana, cukup berhasil. Di tangan Arobi, PDI-P SBT punya kursi di DPRD Provinsi Maluku dan di DPRD SBT.

“Pada Pemilu 2014, PDIP SBT punya 2 kursi di DPRD SBT dan periode 2019 jumlahnya naik naik menjadi 3 kursi. Itu berarti dia punya prestasi. DPR RI kita menang suara terbanyak. Oleh karena itu, kalau ada yang terbaik saat ini kenapa kita mengambil yang lain,” urai Wattimury.

Arobi bahkan jauh sebelumnya mengakui, sudah berkomunikasi untuk berpasangan dengan Fachri dan sudah melapor ke partai. Anggota DPRD Kabupaten SBT ini optimis, akan mengantongi rekomendadi partai.

”Saya optimis mendapatkan rekomendasi karena DPD juga sudah mengisyaratkan saya untuk berpasangan dengan Pak Fachry, ” ucapnya singkat (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire