Pilkada Bursel Mulai Ramai, Calkada Ikut Incar Rekomendasi PKB

Tim sukses pasangan pasangan M. Amir Faisal Souwakil dan Wakilnya Saul Tasane yang berakronim SOLTAN diwakili Samsul Bahri Souwakil saat mengambil formolir pendaftaran di Sekretariat PKB Bursel di Desa Labuang, Kecamatan Namrole, Selasa (15/10/2019)

BERITABETA.COM, Namrole – Sejumlah calon kepala daerah (Calkada) di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), ikut mengincar rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Walaupun partai besutan Muhaimin Iskandar itu tak memiliki kursi di DPRD Kabupaten Bursel.

Dari pantauan media ini, sejak PKB membuka proses penjaringan Calkada, Selasa (15/10/2019), sejumlah Calkada pun langsung mendatangi sekretariat partai yang beralamat di Desa Labuang, Kecamatan Namrole. Ada Calkada yang datang sendiri maupun diwakili oleh timnya.

Para Calkada yang sudah mengambil formulir pendaftaran terdiri dari pasangan Bahctiar La Galeb selaku Calon Bupati dan Wakilnya Sami Latbual yang berakronim  BISA. Keduanya diwakili oleh timnya, yakni M. Nasir Suath Zulkifli Renyaan dan Muhammad Ichan Laisouw.

Kemudian pasangan M. Amir Faisal Souwakil selaku Calon Bupati dan Wakilnya Saul Tasane alias SOLTAN diwakili oleh timnya Samsul Bahri Souwakil.

Selanjutnya Safitri Malik Soulisa selaku Calon Bupati yang diwakili timnya Sofyan Solissa serta Djawali Laitupa selaku Calon Bupati yang datang sendiri untuk mengambil formulir pendaftaran.

“Sampai saat ini sudah ada 6 Calkada yang datang mengambil formulir pendaftaran di PKB. Ada yang datang sendiri maupun diwakili oleh timnya,” kata Ketua Tim Penjaringan Calkada DPC PKB Kabupaten Bursel Abd Rahman Latuconsina yang didampingi Sekretaris Tim Penjaringan Taufik Hidayat Tuanaya dan Ketua DPC PKB Kabupaten Bursel Arwa Waris di Sekretariat Tim Penjaringan, Selasa (15/10).

Pria yang akrab disapa Alan ini mengaku optimis PKB akan tetap menjadi partai yang diincar oleh para Calkada di Bursel.

“PKB memang tidak punya kursi di DPRD Bursel, tapi dalam Pileg kemarin PKB berhasil meraih suara hampir mencapai 3.000 suara. Jadi PKB pun tetap memiliki nilai dalam proses penentuan kemenangan Pilkada Bursel nantinya,” ucapnya.

Apalagi, tambahnya PKB juga punya Wakil Presiden dan sejumlah menteri yang akan menjadi pintu masuk bagi setiap Calkada terpilih nantinya untuk memanfaatkan jaringan yang dimiliki tersebut untuk membangun Bursel kedepan.

Ia pun menambahkan bahwa selain para Calkada yang sudah mengambil formulir pendaftaran, ada sejumlah Calkada juga telah mengkonfirmasi pihaknya untuk mengambil formulir pendaftaran.

“Selain para Calkada yang sudah ambil formulir, ada juga yang sudah konfirmasi untuk ambil di hari berikut. Ini sekaligus menepis berbagai isu-isu yang dimunculkan oleh oknum-oknum tertentu yang meragukan PKB,” ucapnya.

Penjaringan di Partai Nasdem

Sementara itu di hari kedua penjaringan di DPD Partai Nasdem Bursel, Selasa (15/10) terjadi penambahan sebanyak tiga orang Calon Bupati yang mengambil formulir pendaftaran, yakni Safitri Malik Soulisa yang diwakili oleh Sofyan Solissa sebagai timnya.

Selain itu, Calon Bupati Muhammad Mukaddar yang juga turut mengutus Amir Umasugi untuk mengambil formulir pendaftaran serta Calon Bupati Zainuddin Booy yang mengutus Sunardi Gura Mamulaty untuk mengambil formulir pendaftaran.

Hal itu diakui oleh Ketua Tim Penjaringan DPD Partai Nasdem Bursel, Safi Onoly kepada wartawan di Sekretariat Tim Penjaringan, Selasa (15/10).

“Ada tiga Calon Bupati yang ambil formulir, yakni Safitri Malik Soulisa, Muhammad Mukaddar dan Zainuddin Booy. Sedangkan besok yang akan mengambil formulir itu ialah Abdurrahman Soulisa, Sahkan Tomia dan La Hamidi,” kata Safi.

Untuk diketahui, sehari sebelumnya, pasangan bachtiar La Galeb (Calon Bupati) dan Sami Latbual (Calon Wakil Bupati) alias BISA diwakili oleh M. Nasir Huath  dan Muhammad Ichan Laisouw.

Sedangkan, pasangan Elisa F Lesnussa (Calon Bupati) dan Muhammad Nasir Solissa (Calon Wakil Bupati) pun turut mengambil formulir. Dimana, untuk Elisa diwakili oleh Hamis Wailung dan Nasir diwakili oleh Alberth Polnaya.

Selanjutnya pasangan M. Amir Faisal Souwakil (Calon Bupati) dan Saul Tasane (Calon Wakil Bupati) alias SOLTAN. Keduanya datang sendiri mengambil formulir pendaftaran dengan didampingi beberapa pendukungnya.

Selain itu, pasangan Syahroel E Pawa (Calon Bupati) dan Alfons Lesnussa (Calon Wakil Bupati) alias SAH ALE diwakili oleh Syukur Ngedihu.

Kemudian, Calon Bupati Masrudin Solissa diwakili oleh Muhlis Mahtelu. Sementara itu, Calon Wakil Bupati Yohanis Lesnussa diwakili oleh Tresye Seleky.

Sementara Calon Wakil Bupati Frans Nicolas T Kuara terlihat datang sendiri mengambil formulir. Sedangkan Calon Bupati Hadji Ali diwakili oleh H Rahman dan Calon Bupati AM Laitupa diwakili oleh Nahwan Souwakil.

Penjaringan di PAN

Sedangkan dalam proses penjaringan hari kedua di PAN Kabupaten Bursel, Selasa (15/10 tercatat ada 5 Calkada yang datang mengambil formulir pendaftaran.

“Di hari kedua ini Calkada yang datang mengambil formulir pendaftaran ada 5 orang,” kata Sekretaris Tim Penjaringan DPD PAN Kabupaten Bursel Ujianudin Temarwut kepada wartawan di Sekretariat Tim Penjaringan DPD PAN Kabupaten Bursel, Selasa (15/10).

Mereka yang datang mengambil formulir itu, lanjutnya, terdiri dari Said Lesbassa selaku Calon Bupati yang diwakili oleh Amir Umasugi.

Kemudian ada Calon Bupati Djawali Laitupa yang datang sendiri mengambil formulir pendaftaran. Sedangkan Calon Bupati Safitri Malik Soulisa diwakili oleh timnya Sofyan Solissa.

Berikutnya Calon Bupati Masrudin Solissa diwakili oleh timnya Said Ahmad Ode. Sedangkan Calon Bupati Sedek Bahta diwakili oleh timnya Yahril M. Seknun.

Untuk diketahui di hari pertama penjaringan di PAN, tercatat ada delapan Calkada yang datang mengambil formulir pendaftaran, yakni Bactiar La Galeb sebagai Calon Bupati diwakili oleh Muhammad Ichan Laisouw dan Calon Wakil Bupatinya Sami Latbual diwakili Hamsa Lesbassa.

Kemudian Elisa F Lesnussa selaku Calon Bupati diwakili oleh Max Lesnussa dan Muhammad Nasir Solissa yang kabarnya akan menjadi Calon Wakil Bupati bagi Elisa diwakili oleh Alberth Polnaya.

Selanjutnya, Amir Faisal Souwakil selaku Calon Bupati diwakili oleh Samsul B. Souwakil dan AM Laitupa selaku Calon Bupati diwakili oleh Daud Rumra.

Selain itu, ada juga Abdurahman Soulisa selaku Calon Bupati yang diwakili oleh Bambang Walsulu dan Frans Nicolas F. Kuara selaku Calon Wakil Bupati yang datang sendiri mengambil formulir pendaftaran. (BB-DUL)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire